Selasa 20 Dec 2022 18:04 WIB

Peduli Sesama, RS AZRA Gelar Donor Darah Bersama Unit Donor Darah PMI

Donor darah menjadi kegiatan yang rutin digelar tiap tiga bulan sekali

Red: Christiyaningsih
RS AZRA gelar donor darah bersama Unit Donor Darah PMI.
Foto: RS AZRA
RS AZRA gelar donor darah bersama Unit Donor Darah PMI.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Humas Marketing RS AZRA bekerja sama dengan UDD (Unit Donor Darah ) PMI Kota Bogor menggelar donor darah. Acara ini digelar di Gedung B Lantai 1 Ruangan Training Center RS AZRA. Koordinator Humas dan Marketing Mutiara Mardijjah mengatakan kegiatan donor darah menjadi kegiatan yang rutin digelar oleh humas marketing setiap tiga bulan.

“Donor darah yang bekerja sama dengan UDD PMI Kota Bogor merupakan salah satu kegiatan sosial untuk menebarkan kebaikan kepada sesama tanpa membedakan ras dan golongan. Ini juga sebagai salah satu bentuk pelayanan dan kepedulian kami kepada warga Kota Bogor,” ujar Mutiara.

Baca Juga

Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial yang tidak hanya bermanfaat untuk membantu orang lain yang membutuhkan transfusi darah tetapi juga untuk pendonor itu sendiri. Ada beberapa manfaat donor darah bagi penerima dan pendonor, di antaranya adalah bagi penerima bisa menyelamatkan tiga nyawa, membantu korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah, dan sebagainya.

Sedangkan bagi pendonor manfaatnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan sebagainya. Akan tetapi tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah. Semua ada proses pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit. Bagi penerima donor pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui apakah darah yang didonorkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Acara donor darah dimulai pada pukul 08.00-selesai dengan kuota 60 kantong. Donor darah kali ini diselengggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan bagi petugas dari PMI, RS AZRA, maupun pendonor.

Peserta didominasi oleh karyawan RS AZRA karena dilakukan saat hari kerja/weekday. Sebelum dilakukan donor darah, dilakukan skrining terlebih dahulu oleh petugas PMI. Total peserta yang mendaftar ada 67 tapi yang berhasil lolos untuk menjadi pendonor darah sebanyak 59 peserta.

Beberapa penyebab belum berhasil lolos untuk donor darah yaitu HB rendah/tinggi, tekanan darah rendah, dan beberapa alasan lainnya. Seperti kegiatan donor darah yang rutin dilakukan oleh RS AZRA dengan PMI Bogor, panitia selalu menginformasikan jenis darah yang dibutuhkan dalam kegiatan donor darah. Kali ini semua jenis darah (A, B, AB, dan O) dipersilakan untuk mendonorkan darah 

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan karyawan sudah ikut serta dalam kegiatan sosial donor darah. Semoga kita sehat selalu dan bisa bermanfaat dengan sesama,” ujar Mutiara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement