Rabu 21 Dec 2022 08:17 WIB

Gempa Sebabkan Ribuan Orang tanpa Listrik di California

Gempa tidak menyebabkan tsunami.

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolandha
George Schauer membersihkan bagian dalam toko suku cadang mobil setelah gempa bumi di Rio Dell, California, Selasa, 20 Desember 2022.
Foto: AP Photo/Godofredo A. Vásquez
George Schauer membersihkan bagian dalam toko suku cadang mobil setelah gempa bumi di Rio Dell, California, Selasa, 20 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter melanda daerah Eureka di California utara pada Selasa (20/12/2022) pagi. Menurut Survei Geologi AS, gempa tersebut melukai dua orang, mengakibatkan kerusakan jalan dan rumah, dan memadamkan listrik.

Pusat gempa, yang melanda pada pukul 02.34 waktu setempat, berada di Pasifik sekitar 15 mil dari Fortuna, sebuah kota berpenduduk sekitar 12 ribu orang di Humboldt County, bagian dari Pantai Redwood yang berhutan di California. Fortuna berada di dekat Eureka dan sekitar 280 mil berkendara ke barat laut Sacramento.

Baca Juga

Lebih dari tiga lusin gempa yang lebih kecil sekuat 4,6 magnitudo melanda daerah itu setelahnya, demikian yang dilaporkan survei itu. Temblor terjadi setahun setelah gempa berkekuatan 6,2 melanda tak jauh dari Cape Mendocino di Humboldt County pada 20 Desember 2021, dan menyebabkan kerusakan kecil pada bangunan di daerah tersebut.

“Sebagian besar rumah dan bisnis di Humboldt County tidak memiliki listrik pada Selasa pagi. Lebih dari 71 ribu pemadaman dilaporkan pada sekitar pukul 11 pagi, dari 99 ribu pelanggan yang dilacak di county ini,” menurut pelacak utilitas PowerOutage.us. dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (21/12/2022)

"Kerusakan luas pada jalan dan rumah dilaporkan di seluruh Humboldt County, dan dua orang terluka,” kata kantor sheriff county pada Selasa pagi di Twitternya.

Wendy Pickett Monolias terbangun karena gemetar di Eureka. "Begitu guncangan akhirnya berhenti, kami mendapatkan senter dan telepon kami dan melihat sekeliling. Semuanya berantakan," kata Pickett Monolias.

"Hal-hal yang tidak Anda duga telah jatuh atau rusak. Seluruh lemari di kamar mandi jatuh dan pecah,” tambahnya.

Gempa itu menumpahkan sejumlah barang ke lantai rumah Caroline Titus di daerah Ferndale, sebuah video yang dia posting ke Twitter menunjukkan. "Ini yang besar. Listrik padam sekarang. Rumah dalam kondisi kekacauan besar," tulis Titus.

Di timur laut Ferndale, temblor itu merusak bagian dari Fernbridge, yang membawa State Route 211 di atas Sungai Belut, afiliasi CNN KRCR melaporkan.

"Jembatan ditutup saat kami melakukan inspeksi keselamatan karena kemungkinan kerusakan seismik," bunyi cuitan tersebut.

Di pusat kota Fortuna, beberapa jendela etalase hancur, dan orang-orang memasang papan untuk mengisi celah pada Selasa pagi yang hujan, video dari KRCR menunjukkan.

Gempa utama menghasilkan setidaknya beberapa guncangan dari pesisir Oregon ke selatan San Jose, California, laporan publik yang dikumpulkan oleh survei menunjukkan.

“Gempa ini tidak menimbulkan ancaman tsunami,” kata Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement