Rabu 21 Dec 2022 14:15 WIB

Mahasiswa PMM Unisba Laksanakan Kontribusi Sosial di Ciwidey

'Kontribusi sosial adalah puncak dari kegiatan modul nusantara selama 3,5 bulan'.

Red: Rahmat Santosa Basarah
Mahasiswa PMM Unisba Laksanakan Kontribusi Sosial di Ciwidey
Foto: Unisba
Mahasiswa PMM Unisba Laksanakan Kontribusi Sosial di Ciwidey

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Sebagai bagian akhir dari kegiatan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Islam Bandung (Unisba), mahasiswa peserta PMM 2 Unisba kelompok 5 melaksanakan kegiatan kontribusi sosial di SMPN 2 Ciwidey, Kabupaten Bandung, Selasa (20/12).

Kontribusi sosial yang dilaksanakan adalah sosialisasi pengenalan dan pengelolaan sampah oleh para mahasiswa PMM kepada siswa-siswi SMPN 2 Ciwidey.  Selain sosialisasi yang dilaksanakan di  kelas, dilakukan juga lomba mengenai lingkungan bagi siswa-siswi SMPN 2 Ciwidey. Lomba yang diselenggarakan  sepekan sebelum kegiatan sosialisasi ini adalah lomba cipta puisi dan lomba desain poster. "Kami berterima kasih atas kegiatan para mahasiswa dari Unisba di sekolah kami, semoga hal ini bisa menjadi contoh yang baik bagi para siswa kami," ujar kepala sekolah SMPN 2 Ciwidey, Nandang Komara, dalam sambutannya.

Sementara dosen Unisba pendamping mahasiswa, Arba'iyah Satriani, mengatakan bahwa kontribusi sosial adalah puncak dari kegiatan modul nusantara yang berlangsung selama 3,5 bulan sejak September 2022. Kegiatan tersebut, kata dia, dirancang sendiri oleh para mahasiswa  sebagai bentuk implementasi kepedulian sosial mereka pada lingkungan. "Sebelumnya, mahasiswa melakukan salah satu kegiatan inspirasi dengan bertemu ketua bank sampah Jawa Barat dan berdiskusi tentang pengelolaan sampah. Dari kegiatan tersebut, mahasiswa terinspirasi untuk menularkan ilmu yang didapat tersebut dalam kegiatan kontribusi sosial ini," ujar dosen Fikom Unisba ini usai acara sosialisasi.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari itu diikuti oleh 50 siswa dan berlangsung lancar. Para siswa mengaku senang karena bertemu dengan mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia dan mendapat ilmu mengenai pengolahan sampah. Dalam kegiatan kontribusi sosial ini, selain menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba, mahasiswa juga menyerahkan bantuan berupa tong sampah ramah lingkungan bagi sekolah sebagai wujud nyata kontribusi sosial mereka. PMM adalah program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dengan pendanaan dari LPDP.  

Kegiatan ini berlangsung selama satu semester. Tahun ini, pelaksanaan PMM memasuki tahun kedua dan Unisba menerima mahasiswa Inbound ( dari luar Jawa) sebanyak 89 orang yang dibagi menjadi lima kelompok mahasiswa dengan lima dosen pendamping dari Unisba. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement