Rabu 21 Dec 2022 14:56 WIB

Garap Proyek ESG, Semen Indonesia Dapat Pinjaman Rp 4,15 Triliun dari 12 Bank

Semen Indonesia menargetkan penurunan emisi karbon sebesar 520 kg CO2/ton semen.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan unit usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk melakukan penandatanganan perjanjian kredit sindikasi sustainability linked loan dengan 12 perbankan sebagai kreditur.
Foto: istimewa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan unit usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk melakukan penandatanganan perjanjian kredit sindikasi sustainability linked loan dengan 12 perbankan sebagai kreditur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan unit usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk melakukan penandatanganan perjanjian kredit sindikasi sustainability linked loan dengan 12 perbankan sebagai kreditur. Adapun perjanjian ini merupakan salah satu program untuk mewujudkan komitmen perseroan terhadap implementasi prinsip environmental, social, and governance (ESG).

Sindikasi sustainability linked loan merupakan salah satu program yang dapat memberikan dampak peningkatan environmental, social, and governance rating, sehingga dapat mengembalikan perseroan ke dalam Index IDX environmental, social, and governance leader dan meningkatkan kepercayaan investor. Sindikasi sustainability linked loan ditujukan refinancing eksisting utang bank sindikasi dan tidak menambah utang.

Baca Juga

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG, Andriano Hosny Panangian, mengatakan perjanjian kredit sindikasi sindikasi sustainability linked loan merupakan bagian dari rangkaian sustainability framework yang telah dirilis oleh perseroan pada 14 Oktober 2022 lalu. Dalam perjanjian kredit sindikasi sindikasi sustainability linked, perseroan akan memperoleh kredit sebesar Rp 4,15 triliun, sedangkan Solusi Bangun Indonesia memperoleh kredit sebesar Rp 2,74 triliun.

“Selain sebagai komitmen perseroan terhadap inisiatif dekarbonisasi, sindikasi sustainability linked loan juga memberikan manfaat penurunan margin bunga dibandingkan hutang bank sindikasi eksisting dengan ketentuan yang lebih baik. Peluncuran sindikasi sustainability linked loan merupakan langkah awal dalam mendukung misi perusahaan guna menciptakan perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial yang berkelanjutan,” ujarnya dalam keterbukaan informasi perseroan, Rabu (21/12/2022).