Pelatih PSIS Minta Jadwal Laga Lebih Longgar Demi Jaga Kondisi Pemain

Red: Muhammad Fakhruddin

Pelatih PSIS Semarang Ian Andrew Gillian.
Pelatih PSIS Semarang Ian Andrew Gillian. | Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR -- Pelatih PSIS Semarang Ian Andrew Gillan meminta penyelenggara Liga 1 Indonesia membuat jadwal pertandingan yang lebih longgar saat kompetisi memasuki putaran kedua pada 2023 demi menjaga kondisi fisik pemain agar tidak rentan cedera saat bertanding.

Ia menilai jadwal pertandingan yang ada saat ini terutama sejak kompetisi kembali berlanjut dengan sistem bubble menyulitkan para pemain karena mereka hanya memiliki waktu latihan dan pemulihan yang cukup singkat, setidaknya 2--3 hari antarpertandingan.

"Pemain profesional kelas dunia sekali pun tetap akan kesulitan jika harus mengikuti jadwal saat ini, yang mana mereka harus bermain di enam pertandingan dalam 20 hari," kata Ian Gillan saat jumpa pers menjelang laga antara PSIS Semarang melawan Bali United FC, Rabu (21/12), yang siarannya diterima di Denpasar, Bali, Kamis (22/12/2022).

Pelatih PSIS itu menyampaikan pihaknya memahami kepentingan penyelenggara yang ingin memastikan seluruh pertandingan pada putaran pertama dapat rampung sampai akhir tahun. Akan tetapi, ia meminta pihak penyelenggara kembali mempertimbangkan persoalan itu saat putaran kedua Liga 1 dimulai tahun depan.

Baca Juga

"Jadwalnya sangat-sangat padat. Bayangkan, enam pertandingan dalam 20 hari. Saya memahami kita perlu mengejar ketertinggalan karena insiden yang terjadi. Akan tetapi, buat saya, kita perlu memikirkan ini lebih jauh, dan saya pikir ini perlu dipertimbangkan kembali jika ke depan kita masih menggunakan sistem bubble," kata Ian.

Oleh karena itu, Ia menyampaikan para pemain berhak mendapatkan jatah libur yang panjang setelah putaran pertama Liga 1 berakhir tahun ini mengingat mereka telah bekerja keras bermain di enam laga dalam waktu 20 hari.

"Anak-anak berhak mendapatkan libur yang panjang saat ini berakhir," kata dia.

Di sesi yang sama, pemain sayap PSIS Semarang Taisei Marukawa mengaku kesulitan menjalani sisa pertandingan di Liga 1, tetapi ia masih dapat menikmati pertandingan.

"Cukup sulit ya terutama untuk menjaga kondisi fisik. Namun, saya menikmati situasi ini, karena saya suka bermain (sepak bola, red.). Ini sulit, tetapi saya masih dapat menikmatinya," kata Marukawa.

PSIS Semarang bakal menghadapi Bali United FC pada laga pekan ke-17 Liga 1 2022/2023, Kamis pukul 18.30 WIB di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Dua tim hanya punya waktu 2 hari untuk latihan dan pemulihan mengingat pada Senin (19/2) PSIS melakoni laga kontra PSM Makassar, sementara Bali United menghadapi PSS Sleman.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Terkait


Jelang Vs Bali United, Pelatih PSIS Semarang: Laga tak akan Berjalan Mudah

PSM Makassar Kalahkan PSIS Semarang 2-0

PSM Menang 2-0 Atas PSIS

Liga 1: PSIS Bekap PSS Sleman 1-0

PSS Sleman Berambisi Rusak Tren Positif PSIS Semarang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark