Jumat 23 Dec 2022 06:20 WIB

Jajal Rans Nusantara, Madura United Bertekad Jaga Posisi Puncak Klasemen

Posisi Madura United terancam tergusur oleh PSM Makassar.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Madura United, Fabio Lefundes (kanan) memberikan instruksi.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pelatih Madura United, Fabio Lefundes (kanan) memberikan instruksi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Madura United bertekad menjaga posisi puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia ketika menghadapi Rans Nusantara di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (23/12/2022). Posisi Madura United terancam tergusur oleh PSM Makassar yang akan bermain setelahnya, jika Madura United gagal meraih tiga poin dan Juku Eja menang atas Borneo FC.

Poin Madura United sama dengan PSM yang ada di posisi kedua yakni 32 poin. Oleh sebab itu, Laskar Sape Kerrab diperkirakan akan bermain lebih kerja keras untuk memenangkan pertandingan. Mental tim asuhan Fabio Lefundes ini tengah bagus usai mengalahkan dua tim kuat di dua laga terakhir, yakni Bali United dan PSM.

Baca Juga

Sementara Rans dalam dua laga terakhir meraih kemenangan atas Bhayangkara FC dan imbang melawan Borneo FC. Klub milik pesohor Raffi Ahmad itu kini sedang berjuang naik peringkat dari posisi ke-14 klasemen.

Pelatih Rans Nusantara Rahmad Darmawan (RD) telah memanfaatkan waktu singkat tiga hari untuk persiapan melawan Madura United. Para pemain yang tidak tampil di pertandingan terakhir digenjot lebih ekstra keras oleh RD.

"Kami lebih menjaga motivasi seluruh pemain dan semua pemain siap menjalankan pertandingan nanti,” ujar RD dalam jumpa pers jelang laga, Kamis (22/12/2022).

Mantan pelatih timnas Indonesia ini mengakui jadwal padat menjadi sedikit batu sandungan bagi Rans. Kendati demikian, ia enggan menjadikan kondisi tersebut sebuah alasan. Ia lebih tertarik mencari solusi dengan cara membuat program latihan yang lebih menjaga keseimbangan pemain, termasuk materi pemulihan yang baik.

Di samping itu, lanjut RD, rotasi pemain salah satu cara lain yang dilakukan untuk mengatasi masalah padatnya jadwal. Ia menambahkan, selama di Yogyakarta, timnya tidak menemukan masalah dari segi fasilitas dan lapangan.

Gelandang Rans Nusantara Ady Setiawan menegaskan, ia dan rekan-rekannya siap menghadapi Madura United. Menurutnya, seluruh pemain Madura United patut diwaspadai karena tim itu dihuni oleh pemain yang berkualitas baik inti maupun cadangan. "Madura memiliki pemain-pemain bagus makanya semua patut diwaspadai," ujar Setiawan.

Sementara itu, PSM Makassar berjuang untuk terus menempel ketat Madura United di puncak klasemen. PSM meraih kemenangan di laga terakhir. Hal tersebut menjadi modal meraih poin penuh ketika menghadapi Borneo.

Namun PSM perlu kerja keras karena dalam lima pertandingan terakhir, Borneo hanya satu kali menelan kekalahan, dua di antaranya meraih kemenangan. Oleh sebab itu, Borneo diperkirakan akan memberikan perlawanan ketat kepada PSM.

Pelatih Borneo FC Andrea Gaspar mengatakan, semua pemain dalam kondisi siap menghadapi PSM. Namun ia mengakui waktu yang dimiliki tim untuk persiapan masih terlalu sempit. Dengan demikian, Gaspar memberikan banyak materi video untuk melihat kekuatan lawan dan evaluasi tim sendiri. "Mereka tim bagus, organisasi permainan bagus," ujarnya.

Gaspar akan menekankan kepada timnya agar kerja keras dan fokus memenuhi target. Ia berharap Borneo mendapatkan hasil maksimal menghadapi PSM.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement