Jumat 23 Dec 2022 13:49 WIB

Ancaman Resesi Tingkatkan Minat Investasi Logam Mulia

Penjualan logam mulia di Surabaya tahun lebih target hingga lima ton.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Indira Rezkisari
Investasi logam mulia meningkat peminatnya di Kota Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Prayogi/Republika.
Investasi logam mulia meningkat peminatnya di Kota Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kemungkinan resesi yang berpotensi mengancam ekonomi dunia pada 2023 mendorong peningkatan minat masyarakat untuk berinvestasi emas. PT Aneka Tambang (Antam) melalui unit bisnis Logam Mulia mencatat, penjualan emas sepanjang 2022 mencapai 33 ton.

Jumlah tersebut melebihi target perusahaan yang berada di angka 27,1 ton penjualan emas sepanjang 2022. "Target penjualan kita 27,1 ton (di 2022). Sekarang sudah di posisi 33 ton lebih. Artinya sudah jauh melebihi target. Artinya antusiasme masyarakat investasi emas sangat besar," kaya General Manager Unit Bisnis Logam Mulia, Purwanto, saat meresmikan Butik Emas Logam Mulia Surabaya Pakuwon, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga

Purwanto menjelaskan, salah satu pendorong minat investasi masyarakat di emas adalah resesi global yang mengancam ekonomi seluruh dunia. Emas menjadi pilihan lantaran dianggap kebal terhadap goncangan ekonomi, termasuk inflasi yang dapat menggerus nilai tukar rupiah.

"Jadi dengan adanya isu-isu tersebut, orang yang notabene ilmu ekonominya advance, pasti berpikir aset kita akan ditaruh di mana? Dan salah satu pihannya adalah emas," ujarnya.

Purwanto menambahkan, Butik Emas Logam Mulia Surabaya Pakuwon merupakan perpindahan dari Butik Emas Logam Mulia Surabaya Cito. Perpindahan butik tersebut di antaranya untuk mendorong penjualan emas Antam di Surabaya. Kontribusi Surabaya dalam penjualan emas Antam terbilang besar, kedua terbesar di Indonesia.

Ia melanjutkan, target penjualan emas Antam Surabaya sepanjang 2022 di angka 800 kilogram. Hingga November 2022, penjualan emas Antam di Sirabaya masih di angka 750 kilogram. Salah satu upaya untuk memenuhi target penjualan tersebut adalah dengan memindahkan butik ke daerah Pakuwon.

"Kita ingin lebih dekat dengan mitra kita, dengan costumer kita. Kita juga menangkap pasar. Saat kami melakukan survei, kita punya keyakinan besar dengan pindah ini kita bisa menjangkau keinginan masyarakat untuk menabung dan investasi emas," kata Purwanto.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاۤءَ لِلّٰهِ وَلَوْ عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْاَقْرَبِيْنَ ۚ اِنْ يَّكُنْ غَنِيًّا اَوْ فَقِيْرًا فَاللّٰهُ اَوْلٰى بِهِمَاۗ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوٰٓى اَنْ تَعْدِلُوْا ۚ وَاِنْ تَلْوٗٓا اَوْ تُعْرِضُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah, walaupun terhadap dirimu sendiri atau terhadap ibu bapak dan kaum kerabatmu. Jika dia (yang terdakwa) kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatan (kebaikannya). Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutarbalikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka ketahuilah Allah Mahateliti terhadap segala apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Nisa' ayat 135)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement