Sabtu 24 Dec 2022 22:00 WIB

Menhub: Waspadai Gelombang Tinggi di Selat Sunda

Pelayanan kepada penumpang pejalan kaki dan kendaraan harus dilakukan dengan cepat.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan).
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- M enteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta PT ASDP memantau kondisi cuaca dan mewaspadai ancaman gelombang laut tinggi di perairan Selat Sunda. Menurut dia, pelayanan kepada penumpang pejalan kaki dan kendaraan harus dilakukan dengan cepat.

“Pelayanan yang cepat memang sangat penting, untuk memastikan pengguna jasa dapat terlayani,” kata Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau arus kendaraan libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (24/12/2022).

Baca Juga

Menurut dia, proses yang terjadi saat kendaraan masuk dan keluar kapal harus dilakukan dengan cepat dan sigap. Hal tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukkan kendaraan di dermaga atau pelabuhan.

Namun demikian, ia mengungkapkan pelayanan kepada pengguna jasa kapal yang cepat tersebut, tetap tidak melupakan faktor keamanan dan keselamatan pengguna jasa angkutan penyeberangan. Saat ini, ujar dia, terjadi kecenderungan angin dan arus yang berada di atas kondisi normal.