Ombak Tinggi, Kapal Tanker Tersangkut Dam Pemecah Gelombang

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Sebuah kapal terlihat miring akibat tersangkut dam pemecah gelombang, di perairan utara Kota Semarang, Sabtu (24/12). Diinformasikan peristiwa ini terjadi akibat gelombang tinggi di perairan Kota Semarang, sepanjang Jumat sore hingga malam.
Sebuah kapal terlihat miring akibat tersangkut dam pemecah gelombang, di perairan utara Kota Semarang, Sabtu (24/12). Diinformasikan peristiwa ini terjadi akibat gelombang tinggi di perairan Kota Semarang, sepanjang Jumat sore hingga malam. | Foto: tangkapan layar IG @infokejadian_semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Cuaca perairan utara Semarang (Laut Jawa) yang cenderung tidak bersahabat mengakibatkan sebuah kapal kandas dan tersangkut pada dam pemecah gelombang di perairan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Video ihwal informasi ini kali pertama diunggah melalui media sosial @infokejadian_semarang pada Sabtu (24/12/2022) pukul 09.30 WIB. Dalam unggahan video tersebut terlihat sebuah kapal yang diduga jenis kapal tanker tersebut terlihat sudah miring ke arah kiri.

Tak hanya itu, haluan kapal juga tampak terangkat ke atas permukaan air laut hingga bagian pemecah gelombang kapal tersebut terlihat dengan jelas. Sementara bagian sisi kiri buritan kapal juga hampir tenggelam dan berulang kali dihempas oleh gelombang air laut yang cukup tinggi.

Dalam unggahan ini juga disertakan tulisan, “Kapal tersangkut di dam lur, lokasi di perairan Kota Semarang. Kapal tersapu ombak dan angin yang menyerang sejak kemarin sore hingga tadi malam”.

Sejauh ini memang belum ada penjelasan resmi dari otoritas keamanan pelayaran di perairan utara Kota Semarang.

Namun informasi dari Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng, memastikan tinggi gelombang di Laut Jawa mencapai 2,5 hingga 4 meter, seperti diungkapkan oleh Direktur Polairud Polda Jateng, Kombes Hariadi, yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark