Senin 26 Dec 2022 10:32 WIB

Gandeng Rumah Zakat, PT PII Luncurkan Program CSR Pemberdayaan Ekonomi Desa

Kolaborasi Rumah Zakat-PT PII fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat desa

Red: Christiyaningsih
Kolaborasi Rumah Zakat-PT PII fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.
Foto: Rumah Zakat
Kolaborasi Rumah Zakat-PT PII fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) / PT PII kembali melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa Program Pemberdayaan Ekonomi untuk masyarakat desa. Program kolaborasi bersama Rumah Zakat ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu Desa Berdaya Karangmukti Purwakarta dan Desa Berdaya Manggungsari Kabupaten Kendal. 

Seremoni Program CSR Desa Berdaya ini dilaksanakan secara hybrid. Acara dihadiri oleh EVP Corporate Secretary & Communication PT PII Yunan Novaris yang mewakili Direktur Utama PT PII, Camat Bungursari Wawan Darmawan, Kepala Desa Manggungsari Eko Basuki, dan CEO Rumah Zakat Bapak Irvan Nugraha, pada Jumat (23/12/2022). 

Baca Juga

Program ini berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Berdaya Karangmukti, Purwakarta melalui pemberdayaan perempuan pada usaha UMKM bidang agro (ternak domba) serta kuliner (makanan basah). Desa Berdaya Manggungsari Kabupaten Kendal program pemberdayaan berupa dukungan fasilitas mesin penggiling untuk kebutuhan UMKM petani beras.

Desa berdaya merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat desa melalui aktivitas pembinaan dan pendampingan secara berkala. Pembinaan ini mendorong ke arah kemandirian warga, capacity building, dan ekonomi yang dihadirkan sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi kehidupan masyarakat dalam bidang pembinaan dan ekonomi. 

EVP Corporate Secretary & Communications PT PII Yunan Novaris yang mewakili Direktur Utama PT PII dalam sambutannya menyampaikan program CSR ini merupakan bentuk komitmen PT PII dalam mendukung pemberdayaan masyarakat khususnya di area-area terkait dengan proyek infrastruktur yang didukung oleh Perusahaan. “Kehadiran kami bukan hanya mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan di daerah-daerah. Namun juga kami berupaya untuk mengoptimalkan dampak sosial dan ekonomi di setiap area proyek yang kami dukung, khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat untuk terus mengembangkan UMKM dengan dengan memanfaatkan sumberdaya lokal daerah,” kata Yunan.

Pj Kepala Desa Manggunsari Eko Basuki sebagai perwakilan pemerintah setempat menyambut dengan bahagia bantuan tersebut. "Kami merasa bahagia dengan adanya program ini. Harapannya desa kami lebih berdaya dengan hadirnya program CSR dari PT PII," ujar Eko Basuki.

Rumah Zakat menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat desa. "Kami bersyukur dengan adanya kolaborasi ini. Semoga dengan program yang support oleh PT PII dapat menciptakan kemandirian masyarakat di Desa Berdaya Karangmukti Purwakarta dan Desa Berdaya Manggungsari Kabupaten Kendal. Terima kasih PT PII," ujar Irvan Nugraha, CEO Rumah Zakat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement