Senin 26 Dec 2022 17:01 WIB

Enam Destinasi Wisata Bandung Diprediksi Ramai Saat Malam Tahun Baru

Satpol PP Bandung mengerahkan 575 personel yang akan melakukan patroli

Red: Nur Aini
Pengunjung beraktivitas di area Taman Lalu Lintas, Jalan Belitung, Kota Bandung, Ahad (19/6/2022).  Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung menyebut ada enam destinasi wisata di Kota Bandung, Jawa Barat, yang berpotensi ramai dikunjungi wisatawan pada saat malam pergantian Tahun Baru 2023.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pengunjung beraktivitas di area Taman Lalu Lintas, Jalan Belitung, Kota Bandung, Ahad (19/6/2022). Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung menyebut ada enam destinasi wisata di Kota Bandung, Jawa Barat, yang berpotensi ramai dikunjungi wisatawan pada saat malam pergantian Tahun Baru 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung menyebut ada enam destinasi wisata di Kota Bandung, Jawa Barat, yang berpotensi ramai dikunjungi wisatawan pada saat malam pergantian Tahun Baru 2023.

Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan pihaknya pun bakal mengawasi lima lokasi itu guna meminimalisasi kerumunan masyarakat. "Ada enam kawasan wisata seperti Trans Studio Bandung, Kebun Binatang Bandung, Kiara Artha Park, Taman Lalu Lintas, Karang Setra, dan Saung Angklung Udjo," kata Rasdian di Bandung, Jawa Barat, Senin (26/12/2022).

Baca Juga

Pada pengamanan keramaian Tahun Baru 2023 ini, pihaknya mengerahkan 575 personel yang akan melakukan patroli ke berbagai tempat keramaian, termasuk lima lokasi tersebut. Selain lokasi wisata, menurutnya kawasan Jalan Asia Afrika hingga Alun-Alun Bandung pun berpotensi dipadati masyarakat. Karena, kata dia, ruas Jalan Asia Afrika bakal ditutup pada malam pergantian tahun untuk pelaksanaan Car Free Night.

Di kawasan Car Free Night, menurutnya pengawasan bakal dilakukan secara mobilitas. Kemudian masyarakat pun, kata dia, bakal diminta membubarkan diri satu jam setelah momen pergantian tahun. "Mungkin paling lama satu jam setelah tahun baru kita imbau untuk kembali ke rumah masing-masing. Kebetulan kita ada sarananya seperti megaphone, woro-woro," kata dia.

Kemudian kekuatan personel Satpol PP juga menurutnya bakal dibagi untuk membantu kepolisian dalam melakukan penjagaan di perbatasan atau gerbang Kota Bandung. "Kerja sama dengan Satpol Provinsi untuk wilayah perbatasan se-Bandung Raya. Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang," kata Rasdian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement