Libur Natal, 32.426 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul

Red: Yusuf Assidiq

Pengunjung berwisata di Bukit Paralayang Watugupit, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul, D.I Yogyakarta. Watugupit dengan panorama garis Pantai Selatan dari ketinggian tersebut merupakan salah satu destinasi wisata alam andalan di Kabupaten Gunung Kidul.
Pengunjung berwisata di Bukit Paralayang Watugupit, Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul, D.I Yogyakarta. Watugupit dengan panorama garis Pantai Selatan dari ketinggian tersebut merupakan salah satu destinasi wisata alam andalan di Kabupaten Gunung Kidul. | Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSARI -- Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama libur Natal 2022 pada Sabtu dan Ahad (24-25/12/2022) mencapai 32.426 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan pengunjung pada Sabtu sebanyak 13.062 orang dan pada Ahad sebanyak 19.364 orang. "Para wisatawan itu berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY," kata Arif.

Ia mengatakan objek wisata pantai masih menjadi tujuan utama di Gunungkidul. Pantai yang membentang dari timur ke barat dan hamparan pasir putih sangat indah menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati berbagai masakan berbahan ikan laut. Juga, tempat penginapan yang unik. "Mayoritas wisatawan berkunjung ke pantai kisaran 85 persen sampai 90 persen dari total kunjungan wisatawan," katanya.

Arif mengatakan saat libur Natal ini pantai yang banyak dikunjungi adalah Pantai Kukup-Mesra, Pantai Pulang Syawal, dan Pantai Sepanjang. "Pantai tersebut memiliki lahan parkir luas, mudah dijangkau dan pantainya sangat indah," jelas dia.

Arif mengimbau  wisatawan untuk menjaga keamanan dan ketertiban diri masing-masing, serta mematuhi rambu-rambu peringatan yang ada dan anjuran dari petugas.

"Saat ini cuaca sedang kurang mendukung karena hujan dan angin kencang di pantai selatan. Imbauan kepada pengunjung atau wisatawan untuk jaga keamanan dan ketertiban diri masing-masing, patuhi rambu-rambu peringatan yang ada dan anjuran dari petugas," katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Gunungkidul menyiapkan 10 pos pelayanan selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 di jalur wisata dan objek wisata untuk kenyamanan bagi pemudik dan wisatawan.

Kepala Dishub Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan 10 pos pelayanan ini berada di Hargodumilah, Patuk, Bundaran Siyono, Terminal Semin, serta lima pos di jalur wisata pantai. Pos pemantauan akan berlangsung pada 24 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

"Pos juga didirikan di depan Pasar Argosari Wonosari dan Pantai Pulang Sawal untuk pemantauan parkir. Kami juga menyiagakan pos data dan aduan Area Traffic Control System (ATCS) serta fasilitas jalan juga disiapkan," kata Rakhmadian.

Terkait


Pelaku Perjalanan di Bangka Barat Diimbau Lengkapi Vaksinasi Covid-19

Polri Sebut Perayaan Natal 2022 Berjalan Aman dan Lancar

ASDP Merak Seberangkan 38.972 Orang Penumpang pada Hari Natal

H+1 Natal, Dermaga Pelabuhan Merak Dipadati Truk

BMKG Ingatkan Dampak Cuaca Ekstrem di Wilayah Bali pada 25-27 Desember

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark