Selasa 27 Dec 2022 05:06 WIB

Livescore; Arsenal Balikkan Keadaan, Menang 3-1 Vs Aston Villa

Arsenal sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Winger Arsenal Bukayo Saka (kiri) beraksi menghadapi Aston Vila pada lanjutan Liga Primer Inggris 2022 di Stadion Emrates, London, Selasa (27/12/2022). Saka mencetak satu gol dalam laga yang dimenangkan Arsenal dengan skor 3-1 itu.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall EDITORIAL
Winger Arsenal Bukayo Saka (kiri) beraksi menghadapi Aston Vila pada lanjutan Liga Primer Inggris 2022 di Stadion Emrates, London, Selasa (27/12/2022). Saka mencetak satu gol dalam laga yang dimenangkan Arsenal dengan skor 3-1 itu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal kian kokoh bertengger di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris. Kemenangan, 3-1, atas West Ham United di laga Boxing Day, Selasa (27/12) dini hari WIB, membawa The Gunners memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan keunggulan tujuh poin.

Tim asal London Utara itu sukses mengumpulkan 40 poin dari 15 partai. Sementara di peringkat kedua diikuti oleh Newcastle United, yang mengoleksi 33 poin dari 16 partai. Tidak hanya itu, kemenangan atas The Hammers itu juga memperpanjang rekor tidak terkalahkan The Gunners dalam sembilan laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris, termasuk empat kemenangan beruntun.

Baca Juga

Sempat tertinggal lebih dulu dari sesama klub asal London tersebut, Arsenal akhirnya berhasil menutup laga dengan torehan tiga gol pada babak kedua di laga pada pekan ke-17 Liga Primer Inggris tersebut. Tiga gol Arsenal masing-masing dicetak Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, dan Eddie Nketiah.

 

Jalannya Pertandingan

 

Arsenal langsung tampil menekan dalam laga yang digelar di Stadion Emirates tersebut. Pertandingan belum genap berjalan 10 menit, The Gunners sudah unggul via torehan Bukayo Saka. Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran winger asal Inggris itu sudah berdiri dalam posisi offside saat menerima umpan Thomas Partey.

Gelombang serangan The Gunner terus berlanjut. Martin Odegaard sempat melepaskan umpan terobosan yang menembus lini belakang The Hammers. Kendati begitu, laju bola dari umpan eks gelandang serang Real Madrid itu masih terlalu cepat utnuk dikejar oleh Granit Xhaka.

The Gunners justru menjadi tim pertama yang kebobolan di laga ini. Wasit memberikan hadiah penalti kepada West Ham setelah Jarred Bowen, yang menerima umpan Michael Antonio, dilanggar oleh William Saliba di dalam kotak penalti. Said Benrahma tanpa kesulitan menaklukan penjaga gawang Arsenal, Aaron Ramsdale, pada menit ke-27.

Pada sisa babak pertama, Arsenal terus berusaha untuk membalas. Tim besutan Mikel Arteta itu menguasai permainan dengan mencatatkan 71 persen penguasaan bola. Empat tembakan pun dilepaskan oleh para penggawa The Gunners pada sepanjang babak pertama.

Pada menit terakhir masa injury time, wasit sempat menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti buat Arsenal. Sepakan keras Odegaard dari luar kotak penalti dinilai mengenai tangan salah satu pemain bertahan West Ham, Aaron Cresswell. Namun, setelah melakukan tinjauan hasil rekaman video di pinggir lapangan, wasit menganulir keputusan tersebut.

Berdasarkan tinjauan VAR, Bola diketahui hanya mengenai kepala Cresswell. Skor, 1-0, untuk keunggulan tim tamu akhirnya tetap bertahan hingga paruh pertama laga Boxing Day di Stadion Emirates ini berakhir.

Dengan kondisi tertinggal satu gol, Arsenal langsung tancap gas pada babak kedua. Tidak perlu waktu lama, delapan menit babak kedua baru bergulir, The Gunners sudah mampu mencetak gol dan menyamakan kedudukan. Sepakan Odegaard dari luar kotak penalti jatuh di kaki Saka, yang berdiri bebas di dalam kotak penalti.

Winger asal Inggris itu kemudian dengan mudah menaklukan kiper West Ham United, Lukasz Fabianski, dengan menempatkan bola di pojok kanan bawah gawang. Papan skor kembali berubah. Berselang enam menit pasca menyamakan kedudukan, Arsenal mampu berbalik unggul atas tim tamu.

Gol kedua The Gunners di laga ini tercipta via aksi Gabriel Martinelli. Setelah menerima operan dari Granit Xhaka di sisi kanan pertahanan West Ham, winger asal Brasil itu merangsek ke dalam kotak penalti. Martinelli kemudian melepaskan sepakan mengarah ke tiang dekat tanpa bisa diantisipasi oleh Fabianski.

Pada menit ke-69, giliran Eddie Nketiah yang menampilkan ketajamannya. Penyerang yang diplot menggantikan Gabriel Jesus itu, menajamkan keunggulan The Gunners. Mendapatkan sodoran umpan dari Odegaard di dalam kotak penalti, Nketiah melewati Thilo Kehrer dengan gerakan memutar. Nketiah mengakhiri aksi ini dengan sepakan keras ke pojok kanan bawah gawang The Hammers.

Gol Nketiah itu sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini. Tiga gol pada babak kedua mengantarkan Arsenal berbalik unggul atas West Ham United pada pekan perdana Liga Primer Inggris pasca jeda kompetisi akibat Piala Dunia 2022.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement