Selasa 27 Dec 2022 08:48 WIB

Musik Jadi Penyemangat Bagi The Fly Saat Hadapi Masalah

The Fly membahas peran musik dalam hidup lewat lagu terbaru.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Partner
.
Foto: network /Shelbi Asrianti
.

Grup<a href= musik The Fly. (Dok The Fly Band Official)" />
Grup musik The Fly. (Dok The Fly Band Official)

SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musik menjadi penyemangat bagi para personel band The Fly saat sedang menghadapi masalah. Cara mereka mengatasi problematika hidup dengan bantuan musik pun disuarakan lewat lagu rilisan tunggal terbaru yang bertajuk "Let the Music".

The Fly kini terdiri dari vokalis sekaligus gitaris Kin Aulia dan pemain bas Levi Santoso. Lewat lagu teranyarnya, mereka berdua mengajak penikmat musik berdamai dengan masalah. Dalam proses itu, musik bisa jadi peredam dan penenang.

Menurut mereka, musik memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati seseorang seketika. Di saat merasa terpuruk, mendengarkan musik dapat jadi obat penghibur.

"Lagu itu harus ada bobot atau pesan yang ingin disampaikan. Dan pesan lagu ini cukup simpel. Pada saat down, sedih, hopeless, terkadang dengan mendengarkan lagu, bisa mengobati," kata Levi lewat pernyataan resminya.

Levi mengaku hal sama juga kerap ia alami. Ketika menghadapi konflik pelik, mendengarkan lagu membuat Levi kembali bersemangat. Dia pun bisa mengingat momen pertama mendengarkan suatu lagu, yang diibaratkan seolah mesin waktu. Menyimak lagu disebutnya salah satu cara relaksasi.

Bagi The Fly, "Let the Music" merupakan wujud tanggung jawab sebagai musisi yang harus punya karya. Kin dan Levi ingin terus menghasilkan lagu dan ingin orang-orang mendengarkan dan menikmatinya. Bermusik adalah passion, bukan sekadar untuk menjaga eksistensi.

Dalam penggarapan "Let the Music", The Fly berkolaborasi dengan Widyo ‘Iyas’ Prastowo, kibordis grup Ecoutez!. Kebetulan, “Let the Music” memang merupakan lagu ciptaan Iyas yang tidak dimaksudkan terpakai untuk Ecoutez!.

Sebaliknya, bagi Kin dan Levi, lagu itu dianggap amat cocok dan memberikan suntikan nuansa segar. "Ini pertama kali kami benar-benar pakai lagu fresh karya teman kami sendiri. Lagu ini belum pernah dipublikasikan, dan gue ikut mengerjakan lirik. Jadi kami bertiga aja yang mengeksekusi musiknya," ujar Kin.

The Fly semula dibentuk pada 1994 dengan beberapa kali pergantian formasi anggota. Sejak 2019 hingga hari ini, Kin dan Levi memutuskan terus berkarya dengan memaksimalkan potensi. Dengan kondisi saat ini, mereka merasa punya peluang untuk bereksplorasi secara bebas.

Setelah beberapa kali berganti sosok vokalis, sekarang Kin yang mengisi posisi tersebut. The Fly pun pernah berkolaborasi dengan beberapa figur publik tersohor, seperti pada Mei 2015 ketika melibatkan aktor Rio Dewanto untuk merilis lagu "Indah Pada Waktunya" serta saat mendaur ulang lagu "Terbang" yang menghadirkan vokal Nagita Slavina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement