Selasa 27 Dec 2022 18:10 WIB

Pemkot Bandung Buat Kolam Retensi Cegah Banjir dan Konservasi Air

Kolam retensi tersebut dibangun di tanah seluas 5.396 meter persegi.

Red: Andi Nur Aminah
Aktivitas pekerja menyelesaikan pembangunan Kolam Retensi Cisanggarung, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung (ilustrasi)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Aktivitas pekerja menyelesaikan pembangunan Kolam Retensi Cisanggarung, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membuat sebuah kolam retensi guna mencegah banjir di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat, yang juga bisa digunakan sebagai konservasi air. Adapun kolam retensi itu bernama Kolam Retensi Ciraga Wetland Park yang baru diresmikan Wali Kota Bandung Yana Mulyana. 

Dengan peresmian itu, menurutnya kini sudah ada sembilan kolam retensi di Kota Bandung. "Di tengah cuaca yang konon katanya ekstrem bisa terus juga mengurangi dampak banjir di Kota Bandung lewat kolam-kolam retensi," kata Yana di lokasi, Selasa (27/12/2022). 

Baca Juga

Selain mencegah banjir, kolam retensi itu menurutnya berfungsi sebagai lokasi konservasi air serta menjadi ruang publik yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai objek wisata serta meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat. "Mudah-mudahan dengan semakin membuat ruang-ruang publik seperti ini indeks kebahagiaan warga masyarakat Kota Bandung juga terus meningkat," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, kolam retensi tersebut dibangun di tanah seluas 5.396 meter persegi. Selain mencegah banjir, menurutnya sarana itu dibangun dengan tujuan untuk konservasi air di kawasan mata air agar debitnya tidak berkurang.

"Saat ini ada 67 mata air di Kota Bandung sehingga ini dianggap penting untuk melestarikan mata air," kata Didi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement