REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi yang terus mereda diiringi dengan pemulihan pasar pada industri otomotif. Beragam indikator positif pada pasar tahun ini pun membuat sejumlah brand optimistis tahun depan pasar akan tetap tumbuh.
Sikap optimistis terkait pasar di tahun depan sendiri juga diamini oleh Mercedes-Benz. Deputy Director Marketing Communication & PR PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan, meski ada ketidakpastian karena faktor makro ekonomi dan geopolitik, pasar di tahun depan tetap akan tumbuh.
"Hanya saja mungkin faktor makro ekonomi dan geopolitik membuat pertumbuhan tahun depan tidak setinggi pertumbuhan pada tahun ini," kata Kariyanto kepada Republika.co.id pada Selasa (27/12/2022).
Melihat proyeksi pasar di tahun depan, ia pun menekankan bahwa Mercedes-Benz memiliki komitmen untuk terus mempertahankan posisi nomori satu dalam segmen kendaraan premium di Indonesia.
"Dari tahun ke tahun tentunya kami selalu ingin mencapai angka penjualan yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian juga untuk tahun depan," ucanya.
Untuk mencapai hal itu , Mercedes-Benz pun baru saja melakukan gebrakan lewat peluncuran mobil full listrik pertamanya lewat sub-brand yang disebut Mercedes-EQ. Bahkan, gebrakan itu dilakukan dengan meluncurkan dua kelas sekaligus yakni EQS dan EQE.
President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun mengatakan, Mercedes-Benz sangat mementingkan keberlanjutan atau sustainability sehingga Mercedes-Benz memiliki visi menghadirkan rangkaian kendaraan bebas emisi.
"Visi ini dikenal sebagai Mercedes-Benz Ambition 2039, di mana kami berambisi menjadi perusahaan carbon neutral pada tahun 2039. Di akhir dekade ini, kami berusaha untuk sepenuhnya memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik di lokasi-lokasi yang memungkinkan. Lini Mercedes-EQ merupakan wujud nyata dari Ambition 2039 dan kami sangat senang akhirnya lini kendaraan listrik kami pun hadir di Indonesia," kata Choi Duk Jun.
Kariyanto menekankan, kehadiran mobil listrik ini menggenapkan rencana Mercedes-Benz yang berkomitmen untuk menghadirkan 10 produk baru pada tahun ini. Tahun, depan, pabrikan Jerman itu pun telah merencanakan untuk meluncurkan lebih banyak lagi produk baru.
"Kami terus melakukan finalisasi terkait line-up yang akan kami luncurkan tahun depan. kami juga telah berencana untuk kembali meluncurkan mobil listrik terbaru di tahun depan," kata Kariyanto.