Layanan 'SOS Help' Bantu Penyandang Disabiltas di Bandara YIA

Red: Yusuf Assidiq

Penumpang menuju terminal keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta.
Penumpang menuju terminal keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, KULONPROGO -- PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyediakan inovasi layanan baru 'SOS Help' sebagai bentuk kepedulian terhadap kenyamanan dan keselamatan perjalanan pengguna jasa di bandara, khususnya disabiltas.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan SOS Help merupakan sebuah pelayanan baru yang disediakan bagi pengguna jasa bandara dengan kebutuhan khusus, disabilitas, serta pengguna jasa bandara dengan kondisi yang memerlukan penanganan darurat.

"SOS Help telah siap digunakan sejak 18 Desember 2022," kata Agus Pandu. Ia mengatakan pengguna jasa bandara yang memerlukan layanan SOS Help cukup menekan tombol SOS pada SOS Help yang berlokasi di area dropzone keberangkatan.

Dengan menekan tombol SOS pada SOS Help, maka petugas layanan pelanggan (CS) kami akan segera menghubungi maskapai/ground handling/KKP dan atau petugas lainnya menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna jasa bandara saat itu.

Ia mengatakan SOS Help akan tersambung pada panggilan layanan pelanggan dan personil layanan pelanggan ini juga memiliki nomor panggilan seluruh instansi atau petugas di bandara yang berkaitan dengan pelayanan.

Sehingga ketika petugas layanan pelanggan telah mendapatkan informasi layanan yang dibutuhkan pada pengguna SOS Help, maka petugas layanan pelanggan akan segera menghubungi para petugas terkait yang selalu siaga.

Dengan begitu, pengguna jasa dengan kebutuhan khusus yang melakukan perjalanan secara mandiri pun tidak perlu khawatir.

"SOS Help di YIA ini menjadi upaya kami dalam mewujudkan dan menjaga komitmen kami untuk memberikan pelayanan prima. Sehingga seluruh pengguna jasa bandara merasa aman, nyaman, dan selamat selama melakukan perjalanan udara melalui YIA,” katanya.

Koordinator Bidang Tour Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Meyra Merianti menyampaikan kesan yang baik dan apresiasi terhadap layanan baru di YIA.

Ia berterima kasih kepada Angkasa Pura I YIA telah menghadirkan layanan inovasi yang begitu ramah terhadap penyandang disabilitas dan pengguna jasa yang memiliki kondisi maupun kebutuhan khusus.

"Kami berharap dengan layanan ini, wisatawan dapat merasakan suatu kenyamanan dalam melakukan perjalanan dan semoga ini dapat diberlakukan juga di banyak area-area wisata," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


12 BUMN Rumuskan Integrasi Pelayanan Logistik di Bandara YIA

AP I Buka Layanan Penerbangan Internasional Rute YIA-Singapura

Kapasitas Penumpang KA Bandara YIA Dinaikkan Jadi 120 Persen

Erick Thohir Minta Bandara YIA Menggelar Festival Budaya Setiap Pekan

Penerbangan Bandara YIA-Singapura Mundur Menjadi 11 Juni

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark