Kamis 29 Dec 2022 20:09 WIB

Guardiola: Haaland Belum Berada dalam Performa Terbaik

Seiring dengan sering tampil kembali, Haaland diprediksi akan jauh lebih baik.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Erling Haaland dari Manchester City bereaksi setelah pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Leeds United dan Manchester City, di Elland Road Stadium di Leeds, Inggris, Kamis (29/12/2022) dinihari WIB.
Foto: AP/Jon Super
Erling Haaland dari Manchester City bereaksi setelah pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Leeds United dan Manchester City, di Elland Road Stadium di Leeds, Inggris, Kamis (29/12/2022) dinihari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menilai, Erling Haaland masih bisa meningkatkan performa pada sisa musim ini. Penyerang asal Norwegia itu, ujar Guardiola, masih belum berada dalam performa terbaiknya buntut cedera yang sempat dialami pada musim lalu.

Haaland menyumbang dua gol saat Man City membungkam Leeds United, 3-1, di laga pada pekan ke-17 Liga Primer Inggris, Kamis (29/12/2022) dini hari WIB. Penyerang berusia 23 tahun itu pun tercatat menjadi pemain tercepat yang mampu mengoleksi 20 gol di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris.

Haaland hanya membutuhkan 14 laga untuk bisa mencetak 20 gol pada musim debutnya merumput di Liga Primer Inggris. Secara keseluruhan, salah satu rekrutan Man City pada awal musim ini tersebut telah mengoleksi 26 gol dan tiga assist dari 20 penampilan di semua ajang pada musim ini. Kendati begitu, Guardiola menilai, Haaland belum sepenuhnya berada dalam performa terbaik.

''Saya rasa, dia belum berada dalam performa terbaik karena cedera yang sempat dialaminya pada musim ini. Tidak mudah untuk menggerakkan badan besarnya. Namun, seiring dengan sering tampil, dia akan jauh lebih baik,'' ujar Guardiola seperti dikutip The Guardian, Kamis (29/12/2022).

Sebelum resmi hijrah ke Man City pada awal musim ini, Haaland memang sempat absen membela Borussia Dortmund pada pertengahan musim lalu. Haaland diketahui tiga kali mengalami cedera pada sepanjang musim lalu, mulai dari dua kali cedera otot hingga mengalami gangguan pada bagian pinggul.

Haaland pun sempat absen membela Dortmund di 10 laga dalam pentas Bundesliga Jerman. Kendati begitu, Haaland masih mampu menyumbang 22 gol dan delapan assist dari 24 penampilan di ajang Bundesliga musim lalu.

Guardiola cukup yakin, Haaland bisa kembali menemukan performa terbaiknya. ''Ini hanya masalah waktu. Dia selalu menjadi ancaman buat tim lawan. Jumlah golnya begitu luar biasa. Namun, dia tidak hanya mengejar jumlah koleksi gol di kompetisi ini. Dia juga ingin menjuarainya,'' kata pelatih asal Spanyol tersebut.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement