Jumat 30 Dec 2022 21:27 WIB

Membuktikan Ketangguhan Honda WR-V di Bali, Begini Ceritanya

Honda WR-V ternyata cukup gesit melaju di jalan sempit di kawasan Ubud, Bali

Rep: eric iskandarsjah z/ Red: Hiru Muhammad
Bagi Honda, mobil kompak adalah mobil yang paling laris di Indonesia karena posisi penjualan tertinggi beberapa kali ditempati oleh produk Honda Brio. Strength itu sepertinya sangat dipahami oleh pabrikan Jepang tersebut hingga kemudian Honda menambah line-up mobil compact dengan meluncurkan Honda WR-V.
Foto: istimewa
Bagi Honda, mobil kompak adalah mobil yang paling laris di Indonesia karena posisi penjualan tertinggi beberapa kali ditempati oleh produk Honda Brio. Strength itu sepertinya sangat dipahami oleh pabrikan Jepang tersebut hingga kemudian Honda menambah line-up mobil compact dengan meluncurkan Honda WR-V.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG--Bagi Honda, mobil kompak adalah mobil yang paling laris di Indonesia karena posisi penjualan tertinggi beberapa kali ditempati oleh produk Honda Brio. Hal itu sepertinya sangat dipahami oleh pabrikan Jepang tersebut hingga kemudian Honda menambah line-up mobil compact dengan meluncurkan Honda WR-V.

Kelahiranya pun mengemban cita-cita besar untuk memenangkan segmen sport utility vehicle (SUV) kompak karena Honda WR-V dihadirkan dengan tagline "wheels to win". Honda percaya diri hal itu bisa tercapai karena mobil tersebut dirancang dengan beragam keunggulan mulai dari segi desain, tenaga, teknologi dan safety.

Baca Juga

Untuk membuktikan semua keunggulan itu, Republika diajak untuk mendalami impresi berkendara Honda WR-V di Pulau Bali. Lewat media test drive selama tiga hari, produk rakitan Kawawang, Jawa Barat itu pun ditantang untuk menunjukkan performanya baik saat diajak melintasi jalanan perkotaan hingga jalan terjal di pegunungan Bali.

Unit yang digunakan Republika adalah Honda WR-V varian RS with Honda Sensing. Secara desain, produk ini terasa cukup memukau karena sisi eksterior Honda WR-V pada varian ini kental akan nuansa sporty sekaligus elegan.

Nuansa sporty dari mobil ini terpancar berkat desain LED headlight yang tegas dan velg dua nada 17 inch. Sementara nuansa elegan dipancarkan pada grille berukuran besar berkelir chrome yang sekaligus membuatnya terlihat maskulin.

Pada bagian rear-end, mobil ini memiliki desain yang sederhana sehingga terlihat bersahaja tapi tetap anggun. Meski demikian, nuansa sporty juga tetap disisipkan lewat desain taillight pipih yang sekilas mirip dengan lampu belakang pada All New Honda Civic RS.

Perpaduan dari seluruh aspek ekstrior itu pun membuat produk yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 309 juta ini terlihat cukup bisa mengakomodasi beragam kebutuhan mulai dari kebutuhan generasi muda hingga keluarga muda. Terlebih, mobil ini hadir dengan ground clearance 220 mm yang membuat mobil ini memiliki keunggulan dari segi proporsi desain maupun dari segi fungsionalitas.

Untuk bagian kabin, mobil ini tetap terasa lega meski hadir dalam format mobil kompak. Desain kontemporer pada sejumlah bagian pun membuat interior Honda WR-V terasa memiliki atmosfer yang cukup nyaman untuk menemani perjalanan.

Soal impresi berkendara, kesan pertama yang terpancar dari mobil ini adalah gesit. Sesuai dengan asal nama WR-V yakni "Winsome Roundabout Vehicle" yang menandakan bahwa mobil ini merupakan kendaraan yang menyenangkan untuk diajak berkeliling kota.

Hal itu dibuktikan saat mobil ini diajak menyusuri jalan-jalan kecil di Kota Ubud dan jalan kecil lainya di Bali. Dimensinya yang kompak dan visibilitas yang memadai membuat Honda WR-V terasa mudah untuk diajak bermanuver.

Kemudahanya dalam bermanuver pun didukung oleh mesin 1.5 L i-VTEC DOHC 4 silinder berkemampuan 119 daya kuda dan torsi 145 Nm. Akselerasinya juga cukup akomodatif berkat penerapan transmisi CVT dengan teknologi G-design shift.

Meski perpaduan mesin dan transmisi itu tak menghasilkan akselerasi yang terbilang spontan, tapi akselerasinya masih cukup representatif. Hal ini pun dibuktikan saat mobil tersebut dipaksa mendahului mobil lain di tanjakan sekitar Buleleng dan Kintamani.

Honda mengeklaim, transmisi CVT dengan teknologi G-design shift ini memang sengaja dipilih demi menjaga performa sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar. Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd, Poychat Ua-arayaporn mengatakan, Honda WR-V dirancang untuk memenuhi keinginan dari konsumen yang ingin memiliki mobil yang ground clearance-nya tinggi, tampilannya modern dan stylish sekaligus nyaman dan hemat bahan bakar saat dikendarai.

"Kami percaya bahwa Honda WR-V dapat menjawab keinginan konsumen yang ada di Indonesia karena Honda WR-V dirancang menggunakan berbagai pengetahuan serta teknologi untuk mengkombinasikan mesin, transmisi, suspensi dan kemudi sehingga memberi kepuasan bagi pengendara," kata Poychat Ua-arayaporn di sela media test drive tersebut.

Soal teknologi, hal yang paling menonjol dalam Honda WR-V adalah teknologi dalam fitur Honda Sensing yang mencakup Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System, Road Departure Mitigation dan Adaptive Cruise Control.

Keberadaan seluruh fitur mutakhir itu pun membuat berkendara jadi lebih aman sekaligus lebih praktis. Penerapan di Honda WR-V jadi seakan mempertegas bahwa meski mobil ini berukuran kompak tapi tetap siap untuk diajak melakukan perjalanan yang beragam dengan tetap mengedepankan keamanan.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement