Sabtu 31 Dec 2022 21:24 WIB

Enam Makanan Ini Bisa Meredakan Stres

Ada sejumlah makanan yang apabila dikonsumsi bisa meredakan stres.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Ada sejumlah makanan yang apabila dikonsumsi bisa meredakan stres (Foto: kacang kenari)
Foto: Blogspot.com
Ada sejumlah makanan yang apabila dikonsumsi bisa meredakan stres (Foto: kacang kenari)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda merasa stres ketika liburan usai dan harus kembali bekerja? Jangan khawatir, mengonsumsi sejumlah makanan bisa membantu tubuh mengelola stres.

Dilansir dari laman Verywell Health, Sabtu (31/12/2022), ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan stres, berikut daftarnya.

Baca Juga

1. Kacang kenari

Kenari memberikan kerenyahan yang memuaskan dan rasa yang lezat untuk banyak resep. Penelitian menunjukkan makan kenari juga dapat menawarkan beberapa manfaat untuk manajemen stres.

Ketika peneliti membandingkan dua kelompok mahasiswa, yakni yang tidak makan kacang dan satu yang makan dua ons kenari sehari selama 16 minggu, mereka menemukan pemakan kacang menunjukkan perbaikan penanda status kesehatan mental yang dilaporkan sendiri. Selain itu, efek perlindungan terhadap beberapa dampak negatif stres akademik, termasuk pengurangan biomarker stres.

Kenari adalah satu-satunya kacang yang merupakan sumber omega-3 ALA per porsi (2,5g/oz) yang sangat baik, yang bisa menjadi salah satu alasan mengapa para peneliti melihat beberapa manfaat kesehatan mental dalam penelitian mereka.

 

2. Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk membantu menurunkan tingkat stres Anda. Alpukat adalah sumber magnesium alami dan terdapat bukti bahwa kekurangan magnesium dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap stres.

Anda akan kesulitan menemukan data penelitian berkualitas yang secara langsung menunjukkan bahwa makan alpukat membuat Anda bebas stres.

 

3. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber makanan terbaik asam lemak omega-3 DHA. Mendapatkan cukup lemak sehat ini dalam makanan Anda terkait dengan ketahanan stres yang lebih baik dan efek kesehatan mental positif lainnya. Anda juga akan mendapatkan banyak nutrisi manajemen stres lainnya, termasuk vitamin B dan magnesium, dalam satu porsi salmon

 

4. Teh hijau

Teh hijau memiliki senyawa tumbuhan alami yang mendukung kesehatan Anda dengan berbagai cara. Salah satu senyawa yang ditemukan dalam teh hijau adalah asam amino yang disebut L-theanineitu terkait dengan peningkatan suasana hati, kognisi, dan pengurangan stres dan gejala seperti kecemasan.

 

5. Cokelat

Mungkin ada penjelasan ilmiah mengapa banyak orang mendambakan cokelat saat sedang stres. Satu studi pada tahun 2014 menemukan bahwa mengonsumsi 40 gram cokelat hitam dan susu setiap hari selama dua minggu merupakan cara yang efektif untuk mengurangi stres yang dirasakan partisipan.

Efek pengurangan stres dari cokelat mungkin terkait dengan polifenol kakaonya, yang telah terbukti mengurangi stres pada orang yang sangat stres dan orang dengan tingkat stres normal.

 

6. Buah dan sayur

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hanya 10 persen orang Amerika yang mengonsumsi jumlah produk yang direkomendasikan setiap hari. Ada banyak manfaat kesehatan untuk mendapatkan lebih banyak buah dan sayuran di hari Anda, dan membantu Anda mengatasi stresor hidup mungkin merupakan hal lain untuk ditambahkan ke dalam daftar.

Sejauh penelitian berjalan, tampaknya tidak memilih satu buah atau sayuran di atas yang lain memiliki pengaruh besar pada tingkat stres. Konon, makan lebih banyak produk tampaknya dikaitkan dengan stres yang lebih rendah bagi sebagian orang.

Misalnya, sebuah studi tahun 2021 yang mengamati laporan stres harian peserta dan asupan buah dan sayur, hasilnya tingkat stres yang lebih tinggi tampaknya terkait dengan makan lebih sedikit buah dan sayuran pada hari itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement