Sabtu 31 Dec 2022 23:44 WIB

Bikin Sendiri Hidangan Penutup dari Cokelat Lokal

Kudapan lezat bisa dibuat sendiri di rumah sesuai selera.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Partner
.
Foto: network /Shelbi Asrianti
.

Ilustrasi kudapan cokelat. (Dok Pexels)
Ilustrasi kudapan cokelat. (Dok Pexels)

SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidangan penutup berbahan cokelat tentu jadi favorit banyak orang. Dessert cokelat pun bisa dibuat sendiri di rumah, menggunakan bahan-bahan sesuai selera. Salah satu yang bisa dijadikan bahan adalah cokelat lokal, yakni Cokelat Pak Tani yang diproduksi di Desa Omu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Cokelat Pak Tani merupakan chocolate bar pertama di Sigi. Dari segi rasa, dengan kandungan kakao di atas 70 persen, serta campuran sedikit gula dan susu, rasanya tidak terlalu manis, mirip seperti dark chocolate. Manisnya pun bukan hanya dari gula pasir, melainkan juga dari gula aren.

Alumnus Masterchef Indonesia 6, Jordhi Aldyan Latif, membagikan resep membuat triple chocolate box. Dessert itu terdiri dari tiga lapisan, yakni choco sponge cake, choco whipped, dan choco ganache.

Bahan yang perlu disiapkan untuk choco sponge cake adalah tiga butir telur, 50 gram terigu protein sedang, 30 gram cokelat bubuk, 50 gram salted butter (lelehkan), satu sendok teh ekstrak vanila, dan 50 gram gula pasir.

Untuk choco whipped, siapkan 500 gram whipping cream, 50 gram cokelat bubuk, 50 gram gula pasir, dan 100 gram Cokelat Pak Tani (lelehkan). Sementara, bahan yang perlu disiapkan untuk lapisan choco ganache antara lain 200 gram Cokelat Pak Tani, serta 200 gram whipping cream.

Cara membuatnya, mulailah dengan choco sponge cake terlebih dahulu. Kocok telur, gula, dan vanila sampai pucat mengembang. Ayak bahan kering, masukkan ke dalam adonan, aduk rata. Masukkan mentega leleh, aduk dengan cara folding. Lantas, panggang dengan suhu 180 derajat selama 25 sampai 30 menit.

Selanjutnya, untuk choco whipped, cincang kasar cokelat dan lelehkan. Kocok cokelat leleh dengan whipping cream dan gula, kemudian masukkan ke dalam piping bag. Terakhir, untuk choco ganache, hangatkan whipping cream di atas kompor dengan api kecil. Tuang ke cokelat cincang, aduk rata.

Cara menyusunnya, potong cake sesuai ukuran boks, letakkan di dasar. Ratakan choco whipped ke seluruh permukaan cake. Letakkan lagi potongan cake, dan lapisi dengan choco whipped. Terakhir, tuang choco ganache, lalu taburkan cokelat bubuk. Triple chocolate box siap disajikan.

Ilustrasi kudapan cokelat. (Dok Pexels)
Ilustrasi kudapan cokelat. (Dok Pexels)

Menurut Jordhi, hasil akhir hidangan penutup yang baik ditentukan pula oleh kualitas bahan, termasuk cokelatnya. Makin berkualitas cokelatnya, makin bagus pula hasilnya. Jordhi berpendapat, Cokelat Pak Tani sangat bisa disandingkan dengan cokelat lain yang banyak digunakan untuk baking.

Aroma Cokelat Pak Tani disebutnya berbeda dari produk cokelat lain, karena kandungan kakaonya yang tinggi. “Aroma dan rasa cokelatnya dominan, meninggalkan sedikit rasa pahit atau aftertaste yang khas," kata Jordhi melalui pernyataan resminya.

Jordhi berprinsip, daripada membeli, lebih baik membuat makanan sendiri. Selain lebih hemat, rasa makanan bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Misalnya, apabila tidak terlalu suka manis, bisa membuat dessert dengan sedikit gula. Dengan begitu, cokelatnya akan lebih terasa daripada gulanya.

Secara umum, cokelat amat cocok menjadi bahan hidangan penutup sebab bisa dipadukan dengan macam-macam bahan. "(Seperti) buah berry, daun mint, matcha, kelapa, kopi, jahe, dan kacang-kacangan. Jadi, kita bisa membuat banyak sekali dessert atau camilan dengan berbagai paduan rasa atau bahan berbeda," tutur Jordhi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement