Senin 02 Jan 2023 21:04 WIB

Tahun Baru Aman, Pasokan Cabai dan Bawang Merah Melimpah

Panen bawang merah dan cabai berlangsung semarak di berbagai sentra.

Red: Karta Raharja Ucu
Pasokan cabai dan bawang melimpah. Kebutuhan pokok pangan berupa bumbu dapur cabai dan bawang merah terlihat melimpah di berbagai sudut pasar.
Foto: Dokumentasi Kementan
Pasokan cabai dan bawang melimpah. Kebutuhan pokok pangan berupa bumbu dapur cabai dan bawang merah terlihat melimpah di berbagai sudut pasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan pokok pangan berupa bumbu dapur cabai dan bawang merah terlihat melimpah di berbagai sudut pasar. Panen bawang merah dan cabai berlangsung semarak di berbagai sentra.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menjelaskan, salah satu penyebabnya karena kesiapan penyediaan benih yang digelontorkan Kementerian Pertanian. Harga kedua komoditas seksi tersebut pun relatif stabil diterima masyarakat.

“Kondusifnya pasokan cabai dan bawang merah akhir tahun ini patut diapresiasi bersama," kata dia.

Prihasto menjelaskan dalam setiap momentum perayaan hari besar keagamaan nasional atau hari libur panjang, ketersediaan dan harga pangan selalu menjadi perhatian. Korelasi pasokan dan harga kedua komoditas tersebut dengan stabilitas nasional bahkan terasa semakin lekat. "Hal ini berkat kerja sama dengan champion cabai dan bawang yang bergerak mengisi daerah-daerah rawan defisit,” imbuh Prihasto Setyanto.