Selasa 03 Jan 2023 08:15 WIB

Naik Roller Coaster Bisa Bantu Keluarkan Batu Ginjal, Wahananya tak Sembarangan

Batu ginjal berukuran besar bisa memunculkan sejumlah gejala.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Roller coaster Battlestar Galactica di Universal Studios Singapura. Gerakan roller coaster memungkinkan batu ginjal untuk bergeser ke posisi yang memudahkannya untuk keluar.
Foto: EPA
Roller coaster Battlestar Galactica di Universal Studios Singapura. Gerakan roller coaster memungkinkan batu ginjal untuk bergeser ke posisi yang memudahkannya untuk keluar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roller coaster merupakan salah satu wahana populer di taman bermain yang dapat memacu adrenalin para penumpangnya. Namun, selain memacu adrenalin dan menjadi hiburan, menaiki wahana roller coaster ternyata dapat membawa manfaat tersendiri bagi penderita batu ginjal.

"Apakah Anda tahu ada kondisi medis menyakitkan yang bisa diobati dengan menaiki roller coaster? Bila Anda menebak batu ginjal, Anda benar," jelas dokter emergensi mediS Joe Whittington melalui akun TikTok pribadinya.

Baca Juga

Dr Joe mengatakan manfaat menaiki roller coaster bagi penderita batu ginjal pertama kali diinvestigasi oleh Profesor David Wartinger dari Michigan State University. Investigasi tersebut dilakukan setelah seorang pasien Prof David melaporkan bahwa batu ginjalnya telah keluar setelah dia menaiki wahana Big Thunder Mountain Railroad di Disney World.

Merasa penasaran dengan cerita pasiennya, Dr David dan rekan penelitinya membuat sebuah model ginjal 3 dimensi dan memasukkan sejumlah batu ginjal ke dalamnya. Batu ginjal yang dimasukkan ke dalam model tersebut memiliki ukuran dan bentuk yang beragam.

"Mereka lalu pergi dan mengetesnya sendiri di roller coaster," kata Dr Joe.

Dari percobaan tersebut, Dr David menilai gerakan roller coaster yang menderu-derulah yang membantu menggerakkan batu ginjal di dalam ginjal pasien. Gerakan ini memungkinkan batu ginjal untuk bergeser ke posisi yang memudahkannya untuk keluar.

Namun, tak semua roller coaster bisa memberikan efek yang sama baiknya bagi penderita batu ginjal. Wahana yang dapat membawa manfaat adalah roller coaster yang melaku kencang di jalur yang sukar dengan sejumlah belokan. Akan tetapi, roller coaster tersebut tidak boleh bergerak ke arah yang berlawanan atau memutar hingga membuat posisi para penumpang terbalik.

"Bila menaiki roller coaster yang tepat, tingkat peluruhan untuk batu ginjal ini 70 persen," ujar Dr Joe.

Mengenal Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan objek keras yang terbentuk di dalam ginjal dan terbuat dari senyawa-senyawa yang ada di urine. National Health Service mengungkapkan bahwa batu ginjal bisa terbentuk pada salah satu atau kedua ginjal. Kasus batu ginjal paling sering ditemukan pada kelompok usia 30-60 tahun.

"Kondisi ini bisa sangat menyakitkan, dan bisa berujung pada infeksi ginjal atau membuat ginjal tak bekerja dengan baik bila tak diobati," jelas National Health Service melalui laman resminya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ ۘاِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۚوَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ ۚوَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِيْ وَتُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 110)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement