Selasa 03 Jan 2023 15:55 WIB

PPKM Dicabut, Pengamat Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Tumbuh Positif

Jokowi berharap optimisme juga tumbuh di seluruh pasar di Indonesia.

Red: Muhammad Hafil
PPKM Dicabut, Pengamat Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Tumbuh Positif. Foto:   Ilustrasi Eco-Industrial Park (EIP).
Foto: Dok. Web
PPKM Dicabut, Pengamat Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Tumbuh Positif. Foto: Ilustrasi Eco-Industrial Park (EIP).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah mendukung kebijakan Presiden Jokowi mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dinilai situasi pandemi Covid 19 berhasil ditangani baik oleh pemerintah.

“Kondisi di Indonesia selama beberapa bulan terakhir memang sudah tidak lagi dalam suasana pandemi. Saya sependapat dengan pemerintah untuk mencabut status PPKM,” ujar Piter, Selasa (3/12/2022).

Baca Juga

Dengan pencabutan status PPKM, Piter mengaku optimis kondisi ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh positif beraba pada kisaran 4,75-5,35 persen, meski situasi ekonomi global pada tahun 2023 terancam resesi dan pandemi belum sepenuhnya berakhir. 

“Proyeksi selama ini sudah mempertimbangkan berakhir nya pandemi. Proyeksi Pertumbuhan ekonomi 2023 tetap di kisaran 4,75 - 5,25 persen,” ucapnya.

Menurutnya, optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak hanya dilihat dari dalam negeri, melainkan beberapa lembaga internasional percaya terhadap ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh positif.

Berbagai lembaga dunia seperti OECD, IMF, World Bank, ADB memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia antara 4,7 sampai 5,1 persen di tahun 2023.

“Semua lembaga dalam maupun luar negeri saya kira tidak ada satu pun yang memproyeksikan pertumbuhan Indonesia tahun 2023 akan negatif,” jelasnya.

Lanjut Piter menjelaskan, berkaca pada tahun 2022 di mana ekonomi dunia mengalami gejolak, namun Indonesia terbukti mampu melewatinya dengan baik.

“Global mengalami gejolak itu sudah terjadi tahun 2022, lihat aja yang terjadi di AS dan Inggris. Terbukti Indonesia tahun ini mampu tumbuh positif,” urainya.

Sebelumnya, dengan berbagai pertimbangan dan kajian yang panjang terhadap situasi pandemi di tanah air. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut PPKM pada Jumat, (30/12/2022).

Jokowi berharap optimisme kembali muncul setelah PPKM dicabut. Jokowi mengatakan masa pandemi COVID-19 merupakan momen yang tidak mudah.

"Saya melihat dan ingin agar optimisme itu kembali di tahun 2023 karena di tahun 2022 juga sebuah tahun yang tidak mudah. Sebelumnya juga jauh dari kemudahan sehingga kita harapkan di tahun 2023 ada optimisme karena PPKM sudah dicabut," ungkap Jokowi saat mengunjungi Pasar Tanah Abang.

Kegiatan ekonomi di Pasar Tanah Abang menjadi rujukan Jokowi melihat secara nyata denyut nadi naik turun perekonomian daerah-daerah, di mana tanah sebagai pusat produksinya.

"Saya ingin melihat sektor riil itu bergerak seperti apa. Karena ini adalah pasar bagi produksi-produksi yang ada di daerah-daerah. Kalau di sini turun, di sini berhenti, artinya produksinya juga berhenti juga turun," ulasnya.

Selain itu, Jokowi berharap optimisme juga tumbuh di seluruh pasar di Indonesia. Jokowi ingin omzet para pedagang di 2023 lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Tadi saya bertanya ke beberapa pedagang juga menyampaikan tahun 2022 kemarin omzetnya jauh lebih baik dibanding tahun 2021. Kita harapkan 2023 lebih baik dari 2022," ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement