Selasa 03 Jan 2023 16:45 WIB

Anda Pemakai Robot Penyedot Debu? Waspadai Ini

Tidak semua robot penyedot debu dilengkapi dengan kamera.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Lima robot penyedot debu membersihkan dan mensterilkan atas Kabah di Masjidil Haram, Makkah(ilustrasi).
Foto: Saudi Gazette
Lima robot penyedot debu membersihkan dan mensterilkan atas Kabah di Masjidil Haram, Makkah(ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Beberapa foto yang bikin heboh telah beredar baru-baru ini. Foto tersebut ternyata diambil oleh robot penyedot debu (robot vacuum cleaner).

Dilansir dari Kaspersky, Selasa (3/1/2023), pemilik perangkat pintar tersebut difoto tepat di toilet. Lalu bagaimana ini mungkin dan pelajaran apa yang bisa dipetik? Apakah penyedot debu memiliki kamera dan jika demikian, untuk apa ?

Baca Juga

Rupanya, tidak semua robot penyedot debu dilengkapi dengan kamera. Panduan pengguna biasanya akan mencantumkan semua sensornya dan lokasinya.

Beberapa model terbatas pada sensor sentuh, serta radar laser dan ultrasonik, tetapi semakin umum untuk melihat kamera terdaftar juga. Model yang paling mahal telah menggunakan kamera selama lebih dari lima tahun untuk menavigasi ruangan dengan lebih baik.

Menurut para pakar, ini membantu menghindari kaus kaki di lantai, kabel laptop, dan rintangan lainnya. Beberapa penyedot debu juga memiliki mikrofon untuk merespons perintah suara. 

Lantas, siapakah yang melihat rekaman kamera? Tidak ada, sebenarnya. Biasanya,  video dari kamera masuk ke CPU penyedot debu dan tidak lebih.

Tapi mungkin ada pengecualian untuk aturan ini. Secara khusus, skandal foto toilet terjadi ketika prototipe penyedot debu Roomba J7 mengirimkan videonya ke pabrikan, iRobot, untuk meningkatkan algoritma.

Untuk menyempurnakan sistem penglihatan mesin, para ahli tidak hanya memerlukan video dari kamera, tetapi juga video yang dianotasi, dengan semua item furnitur diidentifikasi dan diberi label dengan benar. Markup awal konten foto dan video dilakukan oleh manusia.

Kemudian, komputer dilatih untuk contoh-contoh ini, dan spesialis memeriksa kualitas pengenalan dan memperbaiki kesalahan. Jadi, iRobot mengalihdayakan video tersebut ke Scale AI, kontraktor khusus dengan seluruh staf karyawan bergaji rendah yang menghabiskan berjam-jam menandai objek di foto dan video.

Para subkontraktor dari Venezuela inilah yang membocorkan, menurut pendapat mereka, foto-foto yang sangat lucu ke grup Facebook. Kemungkinan besar mereka telah mendapat peringatan dan iRobot mengakhiri kontraknya dengan Scale AI, tetapi foto yang bocor tidak kunjung hilang.

iRobot mengklaim bahwa semua prototipe datang dengan peringatan yang sesuai dan diserahkan kepada penguji hanya dengan persetujuan tertulis mereka untuk merekam video. Artinya, Anda tidak dapat secara tidak sengaja membeli penyedot debu seperti itu di toko. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement