Rabu 04 Jan 2023 05:22 WIB

Newcastle Tahan Arsenal tanpa Gol di Emirates

Ini pertama kalinya Arsenal kehilangan poin kandang di Liga Primer Inggris musim ini

Red: Israr Itah
Gelandang ARsenal Granit Xhaka menyundul bola dalam pertandingan melawan Newcastle United di Liga Primer Inggris. Arsenal ditahan imbang 0-0 oleh Newcastle di Stadion Emirates, Rabu (4/1/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Gelandang ARsenal Granit Xhaka menyundul bola dalam pertandingan melawan Newcastle United di Liga Primer Inggris. Arsenal ditahan imbang 0-0 oleh Newcastle di Stadion Emirates, Rabu (4/1/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal gagal mengamankan kemenangan di kandang sendiri saat menjamu Newcastle United dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Pemuncak klasemen tersebut bermain imbang 0-0 melawan tamunya di Stadion Emirates, Rabu (4/1/2023) dini hari wib. 

Kemenangan akan memberi Arsenal keunggulan 10 poin atas Manchester City, tetapi mereka harus puas dengan satu poin saja melawan Newcastle, yang kokoh yang bertahan dengan luar biasa untuk tetap tak terkalahkan sejak Agustus.

Baca Juga

Tuan rumah nyaris memecah kebuntuan pada menit ke-87 ketika kiper Newcastle Nick Pope melakukan penyelamatan bagus untuk menghalau tembakan rendah Eddie Nketiah. Arsenal juga memiliki klaim penalti yang ditolak.

Ini pertama kalinya Arsenal kehilangan poin kandang musim ini, sementara Newcastle mencatatkan 10 clean sheet. Toon Army puas untuk bertahan hampir sepanjang malam dan menunggu peluang dari serangan balik meskipun Joelinton menyia-nyiakan peluang bagus sebelum jeda.

Hasil imbang adil, menempatkan Arsenal dengan 44 poin dari 17 pertandingan, unggul delapan poin dari Manchester City yang telah memainkan satu pertandingan lebih sedikit dan sembilan poin di depan Newcastle yang berada di peringkat ketiga.

Arsenal  keluar dari jebakan dan menempatkan Newcastle dalam situasi bahaya pada awal laga, lewat aksi pemain sayap Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli yang tampak berbahaya.

Umpan balik Martinelli dari kiri menyebabkan kepanikan di pertahanan tim tamu dan bola akhirnya jatuh ke kapten Martin Odegaard yang melepaskan tembakan.

Saka kemudian menguji Pope, tetapi kiper yang kini mencatatkan enam clean sheet berturut-turut di semua kompetisi itu bisa meredam agresivitas Arsenal.

Tandukan Joelinton melebar, yang terbukti menjadi peluang terbaik Newcastle pada menit akhir babak pertama. Toon Army memulai babak kedua dengan menekan sebelum kembali mundur bertahan di area sendiri karena aksi-aksi pemain depan Arsenal.

Nketiah tampak seperti akan menjadi pahlawan the Gunners pada laga ini, tetapi Pope melakukan penyelamatan hebat. Pada menit akhir, pelatih Arsenal Mikel Arteta mendidih ketika penalti tidak diberikan karena handball setelah umpan silang dari Granit Xhaka diblok oleh Jacob Murphy.

Seandainya diberikan, itu akan sangat keras pada Newcastle yang menunjukkan lagi bahwa mereka dapat bersaing dengan tim-tim besar.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement