Rabu 04 Jan 2023 05:45 WIB

Ini Dia Sosok Muslim Era Ottoman yang Menginspirasi Arsitek Eropa, Terutama Italia

Mimar Sinan adalah sosok arsitek Muslim era Ottoman yang jadi inspirasi dunia

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi arsitektur di Italia. Minar Sinan adalah sosok arsitektur Muslim era Ottoman yang jadi inspirasi dunia tak terkecuali Italia
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Ilustrasi arsitektur di Italia. Minar Sinan adalah sosok arsitektur Muslim era Ottoman yang jadi inspirasi dunia tak terkecuali Italia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Perdaban Islam memberikan banyak kontribusi dalam peradaban dunia. Di Eropa, kontribusi tersebut terlihat sangat nyata dan mencakup berbagai bidang. Tak terkecuali di ranah arsitektur.

Mari kita tengok salah satu negara Eropa, yakni Italia. Di negeri ini, banyak bangunan yang tampil dengan sentuhan arsitektur Islam, khususnya gaya Turki Utsmani. Hal ini tak lepas dari kekuasaan Kesultanan Turki Utsmani yang pada masa keemasannya menjangkau wilayah Eropa.

Baca Juga

Adalah Mimar Sinan (1490-1588), seniman sekaligus arsitek Turki Utsmani yang memberi banyak sentuhan pada bangunan-bangunan di Italia. Arsitek kenamaan di abad ke-16 itu adalah kepala arsitek Sultan Suleiman I, Selim II, dan Murad III.

Pada masa Utsmani, ia bertanggung jawab atas pembangunan lebih dari 300 bangunan utama di Istanbul. Tak hanya di Istanbul, karyakarya arsitekturnya juga bisa disaksikan di Italia dan beberapa negara Eropa lainnya. Karya-karya indah Sinan juga menginspirasi banyak arsitek Eropa.