Rabu 04 Jan 2023 18:06 WIB

Sekarang Bisa Restart iPhone Lewat Siri, Begini Caranya

Apple telah menambahkan perintah baru ke Siri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Fitur 'Hey Siri' dapat diaktifkan untuk mempermudah penggunaan iPhone.
Foto: apple
Fitur 'Hey Siri' dapat diaktifkan untuk mempermudah penggunaan iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Asisten pribadi di iOS, Siri, memungkinkan untuk melakukan banyak hal di iPhone hanya lewat suara penggunanya. Pemilik ponsel dapat melakukan hal-hal dasar, seperti mengirim pesan teks ke teman dan mendapatkan petunjuk arah pulang atau bahkan lebih rumit dan menarik. 

Itu seperti memeroleh jadwal pemutaran film bioskop, dan perintah lainnya, tanpa sentuhan tangan. Sekarang Apple menambahkan perintah baru ke Siri. Dengan rilis terbaru iOS 16, ada satu tambahan khusus yang paling menarik. “Pengguna akhirnya dapat menggunakan suaranya untuk me-restart (menyalakan ulang/red.) iPhone mereka,” demikian laporan, dikutip dari CNET.

Baca Juga

Biasanya restart dilakukan ketika aplikasi berhenti paksa secara otomatis, sistem operasi yang lamban atau fitur tidak responsif.  Namun, satu-satunya cara untuk me-restart iPhone adalah dengan mematikan dan menghidupkan telepon atau menyalakan ulang secara paksa. Kedua opsi ini memerlukan penggunaan tangan, dan mengambil beberapa langkah, tetapi sekarang jauh lebih mudah berkat iOS 16. 

Jika mengalami masalah dan perlu me-reboot perangkat, Siri bisa dimanfaatkan untuk itu. Pengguna juga harus memeriksa 10 fitur iOS 16 tersembunyi ini untuk iPhone dan panduan lengkap yang diperlukan untuk menguasai pembaruan perangkat lunak terbaru iPhone.

Selama pengguna mengaktifkan fitur "Hey Siri", maka dapat mengikuti langkah berikut.

 

Pertama, ucapkan "Hai Siri" untuk mengaktifkan Siri.

Selanjutnya, ucapkan "Restart iPhone".

Dan terakhir, ucapkan "Ya" saat Siri meminta untuk mengonfirmasi.

Langkah selanjutnya:

  • IPhone kemudian akan restart.
  • Pengguna harus memasukkan kode sandi untuk membuka kunci layar.
  • Meminta Siri untuk memulai ulang iPhone
  • Anda juga dapat mengetuk Restart untuk mengonfirmasi.
  • Pengguna juga dapat menggunakan fitur baru ini di iPad, tetapi harus menjalankan setidaknya iPadOS 16.1.

Jika tidak mengaktifkan "Hey Siri", pengguna dapat membuka Settings > Siri & Search dan aktifkan Listen for "Hey Siri." Jika tidak ingin iPhone mendengarkan perintah ini sepanjang waktu, pengguna selalu dapat mengaktifkan Siri dengan menahan tombol samping sebentar, meskipun ini mengalahkan seluruh aspek hands-free untuk memulai ulang iPhone.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement