Kamis 05 Jan 2023 07:20 WIB

Ekstremis Yahudi Rusak Pemakaman Kristen Palestina

Pemakaman Kristen Palestina dirusak Ekstremis Yahudi.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
  Ekstremis Yahudi Rusak Pemakaman Kristen Palestina. Foto ilustrasi:   Polisi perbatasan Israel memblokir anggota lahava sebuah kelompok ekstremis Yahudi, untuk mendekati Gerbang Damaskus untuk memprotes di tengah ketegangan yang meningkat di kota itu, tepat di luar Kota Tua Yerusalem, Kamis, April. 22, 2021.
Foto: AP/Ariel Schalit
Ekstremis Yahudi Rusak Pemakaman Kristen Palestina. Foto ilustrasi: Polisi perbatasan Israel memblokir anggota lahava sebuah kelompok ekstremis Yahudi, untuk mendekati Gerbang Damaskus untuk memprotes di tengah ketegangan yang meningkat di kota itu, tepat di luar Kota Tua Yerusalem, Kamis, April. 22, 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM–Dua ekstremis Yahudi merusak pemakaman Kristen Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki pada hari Tahun Baru. Sebuah rekaman video dari CCTV mengungkap, dua pemuda dengan ciri jelas seorang Yahudi menghancurkan makam dan salib di pemakaman Protestan Yerusalem.

"Kami sangat sedih melihat apa yang terjadi selama liburan tahun baru ketika kami menemukan bahwa lebih dari tiga puluh batu nisan dan salib dihancurkan oleh setidaknya dua ekstremis Yahudi," kata Uskup Husam Naoum dari Gereja Anglikan kepada wartawan di pemakaman di mana aksi vandalisme terjadi.

Baca Juga

Para pengacau juga menghancurkan batu nisan Uskup Anglikan Samuel Gobat, yang mendirikan pemakaman itu pada tahun 1848. Pemakaman yang terletak tepat di luar tembok Kota Tua, dekat Gerbang Jaffa, berisi kuburan para tokoh agama, Protestan Palestina, ilmuwan, dan petugas polisi Palestina sejak mandat.

“Saya meminta tindakan diambil. Para pelaku dibawa ke hukum dan menjadi pelajaran bagi yang lain,” kata Uskup Husam Naoum, seraya menambahkan bahwa tanah Gereja tidak bersengketa dengan para pemukim Yahudi.

Tindakan ini adalah vandalisme kedua terhadap Gereja Protestan dalam satu dekade. Uskup Naoum menyalahkan tindakan tersebut atas munculnya ujaran kebencian di masyarakat Israel.

Para pengacau menargetkan banyak salib batu, yang menunjukkan, kata pernyataan Gereja, bahwa tindakan kriminal ini dimotivasi oleh kefanatikan agama dan kebencian terhadap orang Kristen. Dalam pesan Natal mereka, para pemimpin Gereja di Yerusalem menggambarkan suasana sedih yang terjadi di Yerusalem dan Tanah Suci.

Orang-orang Kristen Palestina semakin menghadapi 'serangan' atas kebebasan menjalankan agama mereka. Mulai dari serangan pribadi, pencemaran nama baik gereja dan kuburan.

Tindakan ini, kata para pemimpin Gereja, telah menyebabkan kurangnya harapan, terutama di kalangan pemuda Kristen, yang merasa tidak diterima di tanah leluhur mereka.

Para pemimpin gereja juga telah memperingatkan bahwa kelompok-kelompok Yahudi radikal terus berupaya untuk merebut properti strategis di Christian Quarter of Jerusalem. Para pemukim Israel menggunakan kesepakatan curang dan taktik intimidasi untuk mengusir penduduk dari rumah mereka untuk mengurangi kehadiran orang Kristen. Sementara polisi Israel sedang menyelidiki kejahatan tersebut, kata Uskup Naoum kepada wartawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement