Jumat 06 Jan 2023 16:03 WIB

Keren, Mahasiswa Berhasil Ciptakan Sabun Berbahan Organik

Produk ini dibuat untuk mengurangi limbah sabun yang biasanya mencemari sumber air,

Red: Natalia Endah Hapsari
Sabun mandi berbahan organik yang berhasil dibuat tim mahasiswa (ilustrasi).
Foto: botaniesoap
Sabun mandi berbahan organik yang berhasil dibuat tim mahasiswa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI --- Sebagai salah satu upaya mengurangi limbah sabun yang pada umumnya dapat mencemari sumber air, mahasiswa Prodi S-1 Manajemen PSDKU Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri, Jawa Timur, membuat sabun mandi organik dan berhasil meraih juara dalam Lomba Creanovative Entrepreneur 2022.

Sabun badan berbahan organik ini merupakan karya dari empat mahasiswa, yang diketuai oleh Zumrotus Sholikhah dan tiga anggota lainnya, yaitu, Rahman, Winda Ayu Nur Andini, dan Seroja Enjang Prasasti.

Baca Juga

"Produk kami terdapat dua jenis yaitu cair dan padat dengan variasi aroma. Meski terbuat dari bahan organik, produk kami tetap bermanfaat untuk membersihkan tubuh, melembabkan kulit secara alami dan aman untuk kesehatan kulit," kata Zumrotus Sholikhah.

Didukung berdasarkan data yang telah dikumpulkan bahwa sabun menjadi salah satu limbah rumah tangga yang paling banyak, tim Zumrotus membuat sabun mandi dengan bahan organik. Sabun itu diolah dari tanaman pegagan yang memiliki bahasa latin Centella Asiatica. Produk tersebut diberi nama Asana.

Menurut dia, tanaman pegagan ini dipilih sebagai bahan utama karena masih tergolong tanaman liar di beberapa lingkungan. Dengan dikelola, dibudidayakan dan dimanfaatkan secara maksimal, tanaman Pegagan ternyata dapat dimanfaatkan untuk pembuatan sabun mandi. Produk ini juga menjadi variatif peluang usaha di bidang kecantikan. "Melalui produk ini, kami berharap dapat membuka peluang usaha baru sekaligus merawat lingkungan dengan membudidayakan tanaman Centella Asiatica yang masih tergolong liar ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala UPT Kewirausahaan Udinus Nila Tristiarini mengucapkan selamat kepada produk Asana yang berhasil menjuarai ajang tahunan Expo Creanovative Entrepreneur tersebut. Pengumuman pemenang baru diumumkan.

Ia mengatakan, dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang semakin meningkat ini, ide kreatif seperti yang dilakukan para mahasiswa tersebut tentunya akan membuka banyak peluang usaha baru.

"Kami juga terus mendukung mahasiswa untuk berpikir kreatif menciptakan produk-produk baru dari berbagai bidang. Untuk melahirkan wirausahawan baru di masa yang akan datang," kata Nila Tristiarini.

Inovasi membuat sabun mandi organik tersebut berhasil meraih juara dalam ajang Lomba Creanovative Entrepreneur 2022. Pada kegiatan yang diikuti secara hybrid itu, produk bernama Asana tersebut meraih juara dua untuk Kategori Pitch Deck, berupa Centella Asiatica Body Soap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement