Jumat 06 Jan 2023 08:00 WIB

Menpora Puji Peran Iwan Bule di Balik Peningkatan Performa Timnas, Tepatkah?

Menpora punya penilaian terkait sosok Iwan Bule yang belakangan kerap disorot.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kanan) berbincang dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kanan) berbincang dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali mengatakan Timnas Indonesia menunjukkan perkembangan signifikan dari segi mentalitas maupun skill. Menurutnya perkembangan tim asuhan Shin Tae-yong itu tak terlepas dari peran ketua umum PSSI Mochamad Iriawan. 

Hal itu dikatakan oleh Zainudin saat meninjau langsung persiapan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2022 melawan Vietnam, Jumat (6/1/2023) sore WIB. Zainudin didampingi oleh Iriawan, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Dirtek PSSI Indra Sjafri dll.

Baca Juga

"Kedatangan kami pertama ingin memastikan persiapan untuk pelaksanaan semifinal besok antara timnas Indoensia melawan timnas Vietnam. Kita ingin pastikan bahwa pelaksanaannya benar-benar bisa bagus seperti yang sebelum-sebelumnya, kalau ada yang kurang kita segera perbaiki," kata Zainudin, Kamis (5/1/2023).

Selain itu, Zainudin mengatakan ingin melihat perkembangan terbaru dari Timnas Indonesia. Menurutnya, meskipun dirinya yakin dengan pertandingan-pertandingan yang sudah dilalui oleh skuad Garuda bisa memberikan peningkatan performa, kepercayaan diri dan lainnya, ia juga ingin melihat secara langsung persiapan tim.

"Saya kira ini tidak terlepas dari kepeminpinan pak ketum pak Mochamad Iriawan, dalam mengawal timnas ini beliau benar-benar terjun langsung, pak Sekjen mempersiapakan penyelenggaraan, pak ketua umum konsentrasi di timnas, saya kira ini suatu hal yang sangat bagus buat persepakbolaan kita ke depan," ujarnya. 

Ia berharap skuad Garuda bisa memetik poin penuh di leg pertama nanti agar bisa menjadi modal yang bagus sebelum Indonesia bertandang ke markas Vietnam pada Senin (9/1/2023) mendatang. "Ini juga menjadi harapan bapak presiden (Joko Widodo), yang dititipkan kepada saya, besok anak-anak kita main fokus, kerjasama timnya bagus, dan tentu tidak ada keliatan ego per orangannya," kata Zainudin. 

"Nanti kita sampaikan juga kepada pemain tetapi mereka akhirnya sudah menyadari juga, tadi saya dapat informasi dari pak ketum, dari pelatih bahwa ada perubahan dari anak-anak kita, nah kita beri dukungan, beri suport untuk besok," ujar dia. 

Belakangan, nama Iwan Bule kerap disorot. Namun, dukungan terus mengalir kepada sosok yang kerap dibela oleh para pemain dan pelatih timnas itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement