Jumat 06 Jan 2023 13:11 WIB

Ketum PSSI Berharap Indonesia Lanjutan Tren Positif Vs Vietnam pada Ajang Piala AFF

Indonesia punya statistik positif setiap jumpa Vietnam di Piala AFF.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat melihat latihan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), belum lama ini.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat melihat latihan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa jam lagi, tim nasional (timnas) Indonesia bertarung melawan Vienam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Pasukan Garuda bertindak sebagai tuan rumah.

Duel tersebut berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (6/1/2023) petang WIB. Suara-suara bernada dukungan untuk awak Merah Putih nyaring terdengar. Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, menyerukan hal serupa.

Baca Juga

Lewat media sosial (medsos) Instagramnya, sosok yang biasa disapa Iwan Bule itu menyinggung statistik positif pasukan Garuda saat jumpa Golden Star Warriors di pentas Piala AFF. Dari 10 pertemuan, tim Merah Putih mengoleksi tiga kemenangan.

Kemudian Vietnam hanya sekali menang. Sisanya, enam duel berkesudahan imbang. Sebuah modal berharga bagi Fachruddin dan rekan-rekan jelang pertempuran sore nanti.

"Tentunya melihat dari catatan ini, kita sedikit unggul dan optimistis dalam pertandingan hari ini," demikian petikan tulisan Iriawan di Instagramnya. "Harapan saya dan seluruh masyarakat Indonesia, kita bisa kembali melanjutkan tren positif dengan meraih kemenangan mutlak sebagai bekal menghadapi leg kedua nanti."

Iriawan tetap menunjukkan rasa hormat pada lawan. Menurutnya, Vietnam tim terkuat Asia Tenggara saat ini. Ia berkaca pada ranking FIFA terbaru.

"Tapi saya yakin, kita bisa meraih kemenangan. Pesan saya kepada anak-anak agar bermain sebagai tim, karena kita Garuda," ujar tokoh kelahiran 31 Maret 1962 itu.

Kedua tim sama-sama mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan di fase grup. Golden Star Warriors dan skuad Garuda juga mengoleksi 12 gol. Hanya saja, gawang kubu tamu masih perawan.

Sementara, jala awak Merah-Putih sudah tiga kali bergetar. Lebih penting lagi, Vietnam lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Ini yang harus diwaspadai skuad polesan Shin Tae-yong.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement