Jumat 06 Jan 2023 18:30 WIB

Kenali Tanda-tanda Kencing Manis, Apakah Kamu Punya ?

Tanda pertama kencing manis adalah sering lapar.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Penyakit<a href= kencing manis atau diabetes melitus sulit disembuhkan jika telat dalam melakukan deteksi dini. Foto : pixabay" />
Penyakit kencing manis atau diabetes melitus sulit disembuhkan jika telat dalam melakukan deteksi dini. Foto : pixabay

Kampus—Sobat Kampus punya gejala kencing manis ? Kenali tanda-tanda kencing manis agar tidak terlambat mengobatinya.

Kencing manis atau Diabetes Melitus adalah kondisi kesehatan serius di mana gula darah penderitanya terlalu tinggi untuk diproses oleh tubuh. Gula darah tersebut mengendap di aliran darah dan seiring berjalannya waktu dapat menimbulkan komplikasi, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, hingga kehilangan pengelihatan.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Dede Nasrullah menyebut penyakit kencing manis sulit disembuhkan jika telat dalam melakukan deteksi dini sehingga seseorang perlu mengetahui tanda- tanda dari penyakit kencing manis.

Menurut Dede, tanda yang pertama kencing manis adalah sering lapar. Jika tubuh tidak memiliki cukup insulin maka glukosa tidak dapat masuk kedalam tubuh. Resistensi insulin menghambat glukosa mencapai sel-sel tubuh untuk memberikan energi dari asupan yang dikonsumsi. Akibatnya, otak dan otot terus-menerus mengirimkan sinyal rasa lapar.

Kedua mudah haus, gejala diabetes yang khas adalah gampang haus atau polidipsia. Rasa haus ini berbeda dengan haus biasanya karena tidak akan hilang meskipun sudah minum.

Ketiga sering buang air kecil, orang yang memiliki diabetes mendorong gula darah naik dan ginjal tidak dapat membawa semuanya menyebabkan seseorang akan lebih sering buang air kecil.

”Keempat penglihatan kabur, penglihatan terganggu karena adanya perubahan kadar cairan dalam tubuh,” kata Dede Kamis (05/01/2023) seperti dirilis laman UM Surabaya.

Kelima, kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki, ciri-ciri lain yang cukup umum adalah kesemutan atau sensasi dingin menggelitik pada kaki. Tak hanya itu, diabetes juga bisa terlihat dari mudahnya terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan.

Keenam kelelahan, pada penderita diabetes, tubuh akan menolak insulin, artinya tubuh tidak bisa menyerap glukosa dan memiliki lebih sedikit energi sehingga menimbulkan perasaan kelelahan.

Ketujuh, rentan terkena infeksi jamur. Penderita diabetes pada umumnya sering rentan terkena berbagai jenis infeksi. Tidak hanya infeksi bakteri dari luka yang susah sembuh, tapi juga infeksi jamur.

Terakhir, berat badan menurun, meskipun diabetes dikaitkan dengan berat badan berlebih, salah satu tanda awal diabetes yang muncul adalah penurunan berat badan.

”Hal ini disebabkan tubuh tidak mendapatkan energi dari glukosa sehingga mulai membakar otot dan lemak,” tagas Dede.

Baca juga :

Tips Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami

Ingin Tetap Sehat Walaupun Begadang Nonton Piala Dunia ? Ikuti Tips Dosen UM Surabaya Ini

Begini Tips dari Pakar UM Surabaya untuk Menangani Anak yang Mengalami Demam Tinggi

Remaja Perlu Tahu tentang Kesehatan Reproduksi Agar Terhindar dari Seks Bebas

Mengenal Diri Sendiri Penting untuk Menjaga Kesehatan Mental

Mahasiswa UGM Ciptakan Tongkat Pintar Deteksi Kesehatan, untuk Bantu Lansia dan Tunanetra

Ingin Menurunkan Berat Badan ? Ikuti Lima Langkah Diet yang Aman dan Sehat dari Ahli Gizi UGM

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَرَفَعَ اَبَوَيْهِ عَلَى الْعَرْشِ وَخَرُّوْا لَهٗ سُجَّدًاۚ وَقَالَ يٰٓاَبَتِ هٰذَا تَأْوِيْلُ رُءْيَايَ مِنْ قَبْلُ ۖقَدْ جَعَلَهَا رَبِّيْ حَقًّاۗ وَقَدْ اَحْسَنَ بِيْٓ اِذْ اَخْرَجَنِيْ مِنَ السِّجْنِ وَجَاۤءَ بِكُمْ مِّنَ الْبَدْوِ مِنْۢ بَعْدِ اَنْ نَّزَغَ الشَّيْطٰنُ بَيْنِيْ وَبَيْنَ اِخْوَتِيْۗ اِنَّ رَبِّيْ لَطِيْفٌ لِّمَا يَشَاۤءُ ۗاِنَّهٗ هُوَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ
Dan dia menaikkan kedua orang tuanya ke atas singgasana. Dan mereka (semua) tunduk bersujud kepadanya (Yusuf). Dan dia (Yusuf) berkata, “Wahai ayahku! Inilah takwil mimpiku yang dahulu itu. Dan sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya kenyataan. Sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari penjara dan ketika membawa kamu dari dusun, setelah setan merusak (hubungan) antara aku dengan saudara-saudaraku. Sungguh, Tuhanku Mahalembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Yang Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. Yusuf ayat 100)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement