Ahad 08 Jan 2023 12:50 WIB

Apple Batalkan Rilis iPhone SE Generasi 4 Tahun Depan?

Apple berencana memperkenalkan chip 5G internal pertama di iPhone SE Generasi 4.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Apple dilaporkan telah memberi tahu pemasok bahwa perusahaan telah membatalkan rencana merilis iPhone SE generasi keempat tahun 2024.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Apple dilaporkan telah memberi tahu pemasok bahwa perusahaan telah membatalkan rencana merilis iPhone SE generasi keempat tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple dilaporkan telah memberi tahu pemasok bahwa perusahaan telah membatalkan rencana merilis iPhone SE generasi keempat tahun 2024. Kabar tersebut diungkapkan oleh analis Ming-Chi Kuo.

Sebelumnya, Kuo mengatakan iPhone SE generasi keempat akan dibatalkan atau ditunda. Namun, sekarang dia yakin perangkat tersebut memang telah dibatalkan.

Baca Juga

Dalam sebuah postingan di Medium, Kuo mengatakan Apple berencana untuk memperkenalkan chip 5G internal pertamanya di iPhone SE generasi keempat. Sayangnya, hal itu jelas tidak ada harapan lagi karena perangkat tersebut tampaknya dibatalkan. Sebaliknya, Kuo mengatakan kemungkinan Apple akan terus mengandalkan Qualcomm untuk chip 5G pada 2024, termasuk untuk seri iPhone 16.

Kuo menyebut Apple berencana untuk menguji chip 5G di iPhone SE sebelum meluncurkannya ke model iPhone 16 untuk memastikan bahwa kinerja dapat diterima. “Apple awalnya berencana untuk meluncurkan chip baseband-nya pada tahun 2024 dan membiarkan iPhone SE 4 kelas bawah mengadopsinya terlebih dahulu serta memutuskan apakah akan membiarkan iPhone 16 menggunakan chip baseband-nya tergantung pada status pengembangan iPhone SE 4. Namun, pembatalan iPhone SE 4 telah secara signifikan meningkatkan peluang Qualcomm untuk tetap menjadi pemasok eksklusif chip baseband untuk seri iPhone 16 baru 2H24, yaitu lebih baik daripada konsensus pasar bahwa Qualcomm akan mulai kehilangan pesanan iPhone pada tahun 2024,” kata Kuo.

iPhone SE generasi ketiga dirilis pada Maret lalu dan menampilkan modem Qualcomm Snapdragon X57 untuk 5G. Model iPhone 15 diharapkan menggunakan modem Snapdragon X70 sedangkan model iPhone 16 mungkin menggunakan Snapdragon X75 yang belum diumumkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement