Senin 09 Jan 2023 00:30 WIB

Sulit Kendalikan Gula Darah? Pengidap Diabetes Tipe 2 Bisa Coba Asup Dua Suplemen Ini

Pengidap diabetes perlu mengontrol kadar gula darahnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen (ilustrasi).  Suplemen yang mengandung leusin asam amino esensial dan arginin asam amino nonesensial disebut bagus untuk pengidap diabetes tipe 2.
Foto: www.freepik.com.
Suplemen (ilustrasi). Suplemen yang mengandung leusin asam amino esensial dan arginin asam amino nonesensial disebut bagus untuk pengidap diabetes tipe 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika mengidap diabetes tipe 2, orang perlu menyesuaikan pola makannya. Dokter umum dari Aminoscience Metabolism Support Supplement, Nisa Aslam, menunjukkan bahwa untuk mencapai kadar gula darah yang baik, tubuh memerlukan beberapa protein yang mengandung asam amino.

Berfokus pada leusin, Aslam menjelaskan asam amino rantai cabang ini memengaruhi kadar gula darah dengan memproduksi hormon insulin dan glukagon. Hormon ini tidak hanya mengatur gula darah, tetapi juga meningkatkan rasa kenyang dan membantu orang menurunkan berat badan.

Baca Juga

Selama ini, obesitas diyakini sebagai faktor risiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2. "Leucine juga memengaruhi hormon tiroid yang memengaruhi berat badan," kata Aslam, dilansir laman Express, Ahad (8/1/2022).

Ketika ditanya apakah suplemen akan bermanfaat dalam pengendalian gula darah, Aslam mengiyakannya. Dia merekomendasikan suplemen yang mengandung leusin asam amino esensial dan arginin asam amino nonesensial.

Aslam menjelaskan bahwa kedua asam amino itu membantu mengendalikan gula darah melalui dampak pada insulin dan glukagon, sehingga membantu penurunan berat badan. Leusin asam amino juga ditemukan dalam sumber protein hewani dan nabati, seperti keju, biji bunga matahari, daging, ikan, kacangkacangan, kacang almond, gandum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement