Senin 09 Jan 2023 12:43 WIB

Ini Enam Hal Keren yang Bisa Dilakukan ChatGPT

ChatGPT bisa melakukan banyak hal dari yang menyenangkan hingga bermanfaat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Chat GPT bisa melakukan banyak hal dari yang menyenangkan hingga bermanfaat (ilustrasi)
Foto: frontdreams.com
Chat GPT bisa melakukan banyak hal dari yang menyenangkan hingga bermanfaat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—ChatGPT adalah alat pengolah bahasa yang kuat dan serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. ChatGPT bisa melakukan banyak hal dari yang menyenangkan hingga bermanfaat seperti mendapatkan ide untuk dekorasi, perencanaan pesta, men-debug kode, atau bahkan menulis kode untuk penggunanya.

Berikut ini beberapa hal keren yang dapat dilakukan dengan ChatGPT

Baca Juga

  • Menjelaskan suatu hal

ChatGPT cukup berguna untuk mempelajari berbagai hal. Misalnya, Anda dapat meminta kecerdasan buatan (AI) chatbot menjelaskan IPV6 header kepada Anda. ChatGPT akan menjelaskannya dengan tepat. Dilansir dari Beebom, Senin (9/1/2023), saat Anda mencoba mempelajari topik yang lebih kompleks, Anda bisa meminta ChatGPT untuk menjelaskan konsep dalam istilah awam. Contohnya, tambahkan perintah “jelaskan seperti saya berusia lima tahun” ke pertanyaan Anda dan chatbot akan menurutinya.

Bahkan Anda juga bisa meminta ChatGPT ini menjelaskan berbagai hal dengan gaya tertentu. Misalnya, Anda dapat memintanya untuk menjelaskan HTTPS stacks dengan gaya koboi.

 

  • Dapatkan ide seni AI, dekorasi, dan tema pesta

Sedang memikirkan ide untuk tema pesta atau mencari inspirasi renovasi rumah? Anda bisa meminta ChatGPT untuk menyarankan tema pesta dan model tersebut akan melakukannya. Misal, Anda bisa meminta ChatGPT menyarankan beberapa pesta ulang tahun untuk seseorang yang berusia 29 tahun.

 

  • Menemukan jawaban pekerjaan rumah (PR) dan pertanyaan tugas

Salah satu manfaat ChatGPT lainnya adalah membantu Anda menyelesaikan PR dan tugas. ChatGPT dapat membantu pelajar sekolah atau universitas mengerjakan tugas dengan mudah.

 

  • Menulis Musik

Anda dapat meminta ChatGPT untuk menulis lagu tentang topik apa pun dan chatbot itu akan menghasilkannya dalam waktu singkat. Anda bahkan dapat membuat lagu dengan akord musik yang menyertainya.

 

  • Gunakan ChatGPT untuk terjemahan

Anda dapat menggunakan ChatGPT untuk menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain. ChatGPT juga bekerja dengan banyak bahasa dengan mudah.

 

  • Ekstrak data dari teks

ChatGPT dapat membantu Anda mengekstrak data dari teks. Caranya, Anda memberikan teks ke chatbot. Lalu, beri tahu jenis data apa yang akan diekstrak dan dalam format apa kepada ChatGPT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement