Senin 09 Jan 2023 23:25 WIB

Jaga Keamanan Warga, Mataram Perbanyak Pasang CCTV di Lingkungan

Sekitar 10 persen kamera CCTV terhubung langsung ke pusat komando pemerintah.

Red: Ani Nursalikah
Jaga Keamanan Warga, Mataram Perbanyak Pasang CCTV di Lingkungan
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Jaga Keamanan Warga, Mataram Perbanyak Pasang CCTV di Lingkungan

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, meningkatkan program pemasangan kamera CCTV di tingkat lingkungan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Swandiasa mengatakan dari 325 lingkungan yang ada di Kota Mataram saat ini, sekitar 10 persen sudah memiliki kamera pemantau CCTV terhubung langsung ke command center (pusat komando).

Baca Juga

"Kamera CCTV di tingkat lingkungan itu ada yang dipasang oleh kelurahan, ada juga dari dana pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Kota Mataram," katanya, Senin (9/1/2023).

Misalnya, pemasangan kamera CCTV di 13 titik di Lingkungan Melayu Kecamatan Ampenan November lalu dengan menggunakan dana pokir salah satu anggota dewan setempat. "Harapan kami, hal itu bisa menjadi motivasi bagi anggota dewan lainnya terutama untuk lingkungan di daerah pemilihan masing-masing. Khusus program dari kita, kami usahakan di APBD perubahan 2023," katanya.

Menurutnya, pemasangan kamera CCTV diprioritaskan untuk lingkungan yang memiliki tingkat kerawanan tinggi, seperti kasus pencurian kendaraan bermotor, narkoba, dan indikasi kriminal lainnya. Dengan adanya CCTV tersebut, pemerintah kota melalui Diskominfo dapat melakukan pengawasan langsun sebab kamera CCTV yang terpasang di lingkungan-lingkungan sudah terkoneksi langsung.

"Selain CCTV lingkungan, CCTV di 10 ruang terbuka hijau, ruang publik, tempat pembuangan sampah (TPS), serta lampu rambu lalu lintas yang dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) juga terkoneksi ke kita," katanya.

Karena itulah, Pemerintah Kota Mataram sering kali diminta kerja sama dengan Polresta Mataram terkait penggunaan CCTV untuk mengungkap kasus-kasus kriminal. "Manfaat CCTV yang kami pasang termasuk di lingkungan sangat efektif. Kami sering membantu aparat baik untuk pengungkapan kasus atau kecelakaan lalu lintas. Pelaku yang mengambil besi penutup saluran itu tertangkap dari rekaman kamera CCTV kita," katanya.

Dia berharap pemasangan kamera CCTV di lingkungan dapat mengubah kebiasaan buruk masyarakat dan meningkatkan keamanan serta keamanan warga sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement