Selasa 10 Jan 2023 19:05 WIB

Sosiolog Sebut Kegandrungan Lato-lato Sebagai Perilaku Sosial yang tak Biasa

Perilaku sosial yang tidak biasa seperti Lato-Lato disebut Fads

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anak-anak bermain lato-lato di  Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo, Jakarta. Sosiolog dari Universitas Indonesia, Ida Ruwaida, mengatakan bahwa secara sosiologis kegandrungan pada lato-lato bisa disebut sebagai FADs yaitu perilaku sosial yang tidak biasa. Ini  biasanya muncul dalam jangka waktu relatif pendek tapi disikapi dengan antusias bahkan kadang terlalu antusias sehingga tidak lagi rasional.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Anak-anak bermain lato-lato di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo, Jakarta. Sosiolog dari Universitas Indonesia, Ida Ruwaida, mengatakan bahwa secara sosiologis kegandrungan pada lato-lato bisa disebut sebagai FADs yaitu perilaku sosial yang tidak biasa. Ini biasanya muncul dalam jangka waktu relatif pendek tapi disikapi dengan antusias bahkan kadang terlalu antusias sehingga tidak lagi rasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permainan lato-lato seakan menjadi fenomena sosial baru belakangan ini. Betapa tidak, permainan tradisional ini berhasil menarik perhatian banyak orang terutama anak-anak, di mana mereka seakan kecanduan untuk memainkannya. Lantas apakah istilah sosiologi untuk fenomena ini?

Sosiolog dari Universitas Indonesia, Ida Ruwaida, mengatakan bahwa secara sosiologis kegandrungan pada lato-lato bisa disebut sebagai FADs yaitu perilaku sosial yang tidak biasa. Ini  biasanya muncul dalam jangka waktu relatif pendek tapi disikapi dengan antusias bahkan kadang terlalu antusias sehingga tidak lagi rasional.

“Fads merupakan perilaku kolektif, jadi sebab atau stimulannya adalah lingkungan sosial dengan pendorongnya media sosial. Ada bahkan sebagian masyarakat yang jika tidak ikut tren dianggap ketinggalan,” jelas Ida saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (10/1/2023).

Di sisi lain, seiring trennya permainan lato-lato, ada juga kelompok masyarakat yang mengeluh karena terganggu dengan suara yang dihasilkan permainan tersebut. Meski demikian, menurut Ida, lato-lato tidak akan menstimulasi gesekan sosial, mengingat kecenderungannya dilakukan dengan teman atau dalam kelompok.

Yang perlu diperhatikan, lanjut Ida, adalah faktor keamanan pemain atau pengguna lato-lato dan orang sekitarnya. Hal ini mengingat risiko cedera dari alat tersebut cukup besar, apalagi jika dimainkan dengan kecepatan tinggi.

“Menurut pendapat saya, isu keamanan inilah yang bisa menstimulasi ketegangan sosial,” jelas Ida.

Ida menilai, tren lato-lato cukup mengejutkan lantaran terjadi di tengah derasnya arus game online. Artinya menurut dia, saat ini sebagian masyarakat sedang merasakan kejenuhan pada permainan-permainan digital.

“Meskipun lato-lato akan menjadi tren sesaat, setidaknya mengindikasikan bahwa permainan non-digital, non virtual, masih mendapat tempat di masyarakat,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا تَفَرَّقُوْٓا اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْۗ وَلَوْلَا كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَّبِّكَ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى لَّقُضِيَ بَيْنَهُمْۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْرِثُوا الْكِتٰبَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ مُرِيْبٍ
Dan mereka (Ahli Kitab) tidak berpecah belah kecuali setelah datang kepada mereka ilmu (kebenaran yang disampaikan oleh para nabi) karena kedengkian antara sesama mereka. Jika tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dahulunya dari Tuhanmu (untuk menangguhkan azab) sampai batas waktu yang ditentukan, pastilah hukuman bagi mereka telah dilaksanakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang mewarisi Kitab (Taurat dan Injil) setelah mereka (pada zaman Muhammad), benar-benar berada dalam keraguan yang mendalam tentang Kitab (Al-Qur'an) itu.

(QS. Asy-Syura ayat 14)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement