Jumat 13 Jan 2023 01:37 WIB

Agar Anak tak Jadi Korban Kejahatan, Ini Saran Psikolog

Orang tua memiliki peran-peran vital dalam menjaga keselamatan anaknya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara agar anak tidak menjadi korban kejahatan menurut psikolog. (ilustrasi)
Foto: republika/mgrol100
Cara agar anak tidak menjadi korban kejahatan menurut psikolog. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus pembunuhan yang dilakukan dua remaja di Makassar, Sulawesi Selatan, sungguh mengejutkan. Apalagi ketika mereka mengakui bahwa motif pembunuhan ini karena tergiur uang dari hasil penjualan organ tubuh korbannya. Jenis kejahatan yang bervariasi membuat para orang tua khawatir anaknya akan menjadi korban kejahatan.

Lantas, bagaimana agar anak tidak menjadi korban kejahatan? Psikolog klinis forensik, A Kasandra Putranto, mengatakan, orang tua memiliki peran-peran vital dalam menjaga keselamatan anaknya.

Baca Juga

Pertama, orang tua harus mengawasi anak terutama di tempat umum. Usahakan anak tidak sendirian dan selalu bersama teman, atau orang lain yang dipercaya (orang tua, pengasuh). "Ajarkan anak untuk waspada pada orang yang tidak dikenal," ujarnya kepada Republika.co.id, Kamis (12/1/2023).

Kasandra mengatakan, orang tua juga sebaiknya mengajarkan teknik pencegahan saat anak dipaksa mengikuti orang yang tidak dikenal (berteriak, lari, dan lain-lain). Jangan lupa untuk menjelaskan pentingnya untuk waspada.