Jumat 13 Jan 2023 09:18 WIB

Ini 5 Pesantren Terbaik Paling Recommended di Jember

Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang kiai di Jember tak menyurutkan masyarakat mencari pesantren untuk anaknya

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Partner
.
.

Dok. Al Falah
Dok. Al Falah

NYANTRI--Beberapa hari terakhir pesantren di Indonesia mendapatkan sorotan masyarakat karena berbagai kasus pencabulan dan pelecehan seksual yang dilakukan oleh kiai kepada santrinya. Terbaru di Jembar, Jawa Timur, sebuah pondok pesantren di Jember yang dipimimpin oleh MFH geger karena sang istri melaporkan ke polisi atas dugaan pemerkosaan terhadap santri. Meskipun MFH membantah apa yang dilaporkan istrinya namun proses hukum tetap berlanjut.

Kasus yang menimpa dunia pesantren beberapa tahun terakhir tak menyurutkan para orang tua dan calon santri untuk menempuh pendidikan di pondok pesantren. Pasalnya mereka masih percaya pendidikan pesantren adalah cara terbaik untuk mendidik putra-putri bangsa yang berilmu dan berakhlakul karimah.

Jika para orang tua ingin memondokkan anaknya di pesantren yang ada di Jember, berikut 3 rekomendasi Pondok Pesantren di Jembar:

1. Pondok Pesantre Al Falah Silo

Pesantren ini beralamat di Jalan KH. Syamsul Arifin, Dusun Parebalan, Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Pesantren ini yang secara ajaran mengikuti ajaran-ajaran di Nahdlatul Ulama merupakan salah satu pesantren tua di Jember. Pondok ini didirikan pada 1938 yang dirintis oleh KH. Muhammad Syamsul Arifin yang merupakan salah satu santri dari tokoh Sumenep, KH. Abdullah Sajjad. Di pesantren ini tak hanya mengajarkan pendidikan agama tetapi juga pendidikan formal.

2. Pondok Pesantren Raudatul Ulum

Jika Anda ingin mencari pondok pesantren yang kental dengan pendidikan salaf di Jember maka pondok ini bisa menjadi rekomendasi. Lokasinya di Desa Sumberwringin, Kecamatan Sukowono , Kabupaten Jember. Kiprahnya sudah teruji di tengah-tengah masyarakat. Pondok ini adalah pondok salah tertua di Jember. Berdiri pada 1912 KH Ahmad Syukri. Tetapi sejak 2012 pondok ini sudah membuka pendidikan formal demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Pondok Pesantren Assunniyah Diponegoro Kencong

Pesantren bediri cukup tua yakni pada 1940-an. Pesantren fokus kepada pendidikan agama Islam berbasil membaca kita kuning. Meski demikian Ponpes ini kemudian membuka pendidikan formal demi memenuji kebutuhan calon santri. Alamat Pesantren ini di Gumuk Banji, Kencong, Kecamatan Kencong Kabupaten Jember.

4. Pondok Pesantren Yasinat Demangan

Ini adalah salah satu pesantren tahfidz alquran terbaik di Jember. Alamatnya di Jalan KH. Imam Bukhori, Dusun Demangan, Krajan, Keselir, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pondok ini berdiri sejak 1921. Di sini juga terdapat pendidikan formal mulai dari SD hingga SMK.

5. Pondok Pesantren Nurul Islam Tawangmangu Antirogo

Presiden Joko Widodo pernah mengunjungi pesantren ini. Masyarakat menyebut pesantren ini dengan sebutan Pesantren Nuris. Pesantren ini mengkombinasikan sistem pendidikan salaf dan formal. Alamatnya di Jalan Pangandaran, Plinggan, Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement