Jumat 13 Jan 2023 22:05 WIB

9 Tip Terhindar dari Penipuan Lowongan Kerja di Dunia Maya

Kita juga perlu berhati-hati agar tidak terkena penipuan lowongan pekerjaan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Warga mencari informasi lowongan pekerjaan saat Jakarta Job Fair di kawasan Blok M, Jakarta (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga mencari informasi lowongan pekerjaan saat Jakarta Job Fair di kawasan Blok M, Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Di era penggunaan teknologi yang mumpuni seperti sekarang, lowongan pekerjaan bisa ditemukan di dunia maya. Namun, kita juga perlu berhati-hati agar tidak terkena penipuan lowongan pekerjaan.

Dilansir dari Jobstore, Jumat (13/1/2023), jenis penipuan pekerjaan yang paling populer termasuk penipuan kerja-dari-rumah, penawaran pekerjaan melalui email, pekerjaan palsu di media sosial, penipuan pekerjaan pemerintah dan layanan pos, penipuan pekerjaan di situs pekerjaan yang diverifikasi, penipuan layanan penempatan kerja, dan situs web pekerjaan/perekrutan palsu.

Baca Juga

Setiap kali menemukan daftar yang tampak mencurigakan, pastikan Anda melakukan hal-hal berikut ini:

1.Lakukan pencarian daring.

Cari perusahaan, pemberi kerja, atau perekrut di Google dan lihat apa yang muncul. Misalnya, jika Anda memberi tawaran pekerjaan melalui email dari nama acak yang mengklaim bahwa mereka adalah perekrut, cari nama mereka secara online (atau LinkedIn) untuk melihat apakah klaim mereka berlaku.

 

2.Bicaralah dengan seseorang yang Anda percayai.

Jika Anda menemukan tawaran pekerjaan yang sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, misalnya menjanjikan gaji besar dengan imbalan keterampilan minimal. Tunjukkan daftar tersebut kepada seseorang yang Anda kenal dan percayai. Mereka mungkin memberi Anda pendapat lain tentang apakah itu penipuan pekerjaan atau benar-benar pekerjaan nyata.

 

3.Jangan membayar perjanjian kerja.

Jika Anda diharuskan membayar pekerjaan, itu dijamin penipuan. Dalam keadaan normal, Anda tidak bisa hanya membayar pekerjaan—Anda harus mendapatkannya. Jadi, jika Anda mendapat tawaran yang mengatakan bahwa Anda hanya dapat membayar untuk suatu posisi, yakinlah itu adalah penipuan.

 

4. Menghubungi perusahaan.

Sebelum mengiyakan ketika Anda mendapat tawaran pekerjaan di media sosial yang diduga dari sebuah perusahaan, Anda bisa mengirim email ke perusahaan  untuk menanyakan apakah tawaran itu sah atau, setidaknya, periksa situs web perusahaan untuk melihat apakah daftar itu ada. Jika lowongan kerja itu nyata, pasti ada di situs web.

 

5.Jangan pernah mau melakukan transfer.

Permintaan transfer adalah hal biasa di kalangan pencuri. Mereka konsisten dengan memindahkan uang dengan cepat dari satu akun ke akun lain serta hampir tidak mungkin untuk memulihkan dana tersebut. Jadi, jika Anda mendapatkan email yang seharusnya dari eksekutif perusahaan meminta Anda untuk mengirim uang karena kurangnya metode pembayaran yang lebih mudah, itu pertanda bahwa itu adalah penipuan pekerjaan.

 

6.Tolak tawaran pekerjaan yang tidak memerlukan pengalaman.

Pekerjaan yang membayar karyawannya dengan sejumlah uang yang layak akan memerlukan tingkat pengetahuan atau pengalaman tertentu di lapangan. Jadi, jika tawaran pekerjaan menjanjikan uang yang layak atau mendapatkan uang dengan mudah, jawabannya mungkin tidak.

 

7.Jangan setuju untuk memberikan detail bank Anda kepada calon pemberi kerja.

Pada akhirnya Anda harus memberikan informasi sensitif seperti detail bank Anda kepada atasan Anda. Namun, tidak ada atasan yang sah yang akan meminta detail bank Anda sebelum Anda benar-benar diterima kerja.

 

8.Jangan berinteraksi dengan calon pemberi kerja yang mendesak Anda untuk bertindak cepat.

Tanda khas penipuan pekerjaan adalah ketika penipu mendesak Anda bertindak cepat untuk “mengesahkan kesepakatan” dan memberi mereka uang atau informasi pribadi Anda. Proses perekrutan normal memakan waktu setidaknya satu hingga tiga pekan, tergantung pada prosedur perusahaan.

 

9.Jangan menerima tawaran saat Anda tidak melamar.

Terkadang, penipu akan menghubungi entah dari mana, mengatakan bahwa Anda dipekerjakan untuk pekerjaan yang tidak Anda lamar. Ini, tentu saja, penipuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement