Jumat 13 Jan 2023 16:41 WIB

Saham Eropa Dibuka Naik Tipis, Bersiap Catat Kenaikan Mingguan Kedua

Saham Eropa menuju kenaikan mingguan kedua berturut-turut.

Red: Friska Yolandha
Pandangan umum Bursa Efek Madrid, Spanyol, 08 Juni 2021. Saham-saham Eropa naik tipis pada awal perdagangan Jumat (13/1/2023), melayang mendekati level tertinggi sembilan bulan.
Foto: EPA-EFE/Ana Bornay
Pandangan umum Bursa Efek Madrid, Spanyol, 08 Juni 2021. Saham-saham Eropa naik tipis pada awal perdagangan Jumat (13/1/2023), melayang mendekati level tertinggi sembilan bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGALURU -- Saham-saham Eropa naik tipis pada awal perdagangan Jumat (13/1/2023), melayang mendekati level tertinggi sembilan bulan. Ekuitas perawatan kesehatan menguat dan ekonomi Inggris secara tak terduga tumbuh pada November, dengan investor menunggu laporan laba dari bank-bank besar AS.

Indeks STOXX 600 pan-regional terkerek 0,2 persen pada pukul 08.11 GMT. Sementara indeks FTSE 100 Inggris menambahkan 0,4 persen setelah data menunjukkan ekonomi Inggris tumbuh 0,1 persen pada November.

Baca Juga

Saham Eropa menuju kenaikan mingguan kedua berturut-turut, di awal yang optimis hingga Januari dan tahun baru, setelah data mengisyaratkan perlambatan inflasi di zona euro dan Amerika Serikat, yang dapat memungkinkan bank sentral untuk memperlambat laju pengetatan kebijakan moneter mereka.

Saham teknologi dan ritel yang peka terhadap suku bunga telah memimpin kenaikan sepanjang tahun ini, masing-masing melonjak 13 persen dan 14,4 persen, setelah tahun 2022 yang sulit di mana kekhawatiran akan perlambatan ekonomi dan kenaikan suku bunga memukul sektor-sektor ini.

Pada Jumat, saham perawatan kesehatan memberikan dorongan terbesar pada indeks, dengan Novo Nordisk A/S dan Roche Holding AG naik lebih dari 1,5 persen di awal perdagangan.

Enel naik tipis setelah CEO-nya mengatakan perusahaan utilitas listrik Italia itu dapat mengamankan hingga 5 miliar euro (5,4 miliar dolar AS) untuk investasi dari dana energi REPower Uni Eropa selain 3,5 miliar euro dalam dana pemulihan Uni Eropa yang telah dimenangkan. Saham perusahaan game online Kindred Group anjlok 16,6 persen karena peringatan laba untuk kuartal keempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement