Sabtu 14 Jan 2023 08:35 WIB

Biden-Kishida Perkuat Komitmen Keamanan

AS sepenuhnya berkomitmen dalam pertahanan Jepang,

Rep: Dwina/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joe Biden berbicara selama konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Senin, 23 Mei 2022, di Tokyo.
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden Joe Biden berbicara selama konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Senin, 23 Mei 2022, di Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Jumat (13/1/2023), bahwa AS sepenuhnya berkomitmen dalam pertahanan Jepang. Dia memuji pembangunan keamanan Jepang dengan mengatakan kedua negara tidak pernah memiliki hubungan sedekat saat ini.

Kishida berada di Washington pada perhentian terakhir dalam tur kekuatan industri G7 dan telah berusaha untuk memperkuat aliansi lama. Dalam pertemuan di Gedung Putih, Biden menyebutnya sebagai momen luar biasa dalam aliansi AS-Jepang.

Baca Juga

"Biar saya perjelas: AS sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya berkomitmen untuk aliansi, dan yang penting ... untuk membela Jepang," kata Biden.

Biden juga berterima kasih kepada Kishida atas kepemimpinan yang kuat dalam bekerja erat dalam masalah teknologi dan ekonomi. "Kami sedang memodernisasi aliansi militer kami, membangun peningkatan bersejarah Jepang dalam pembelanjaan pertahanan, dan strategi keamanan nasional baru," katanya.