Sabtu 14 Jan 2023 11:49 WIB

Mengajarkan Siswa Belajar Mandiri dengan Edmodo

Edmodo dapat mempermudah kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa.

Red: Karta Raharja Ucu
Seorang murid SD sedang belajar online.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Seorang murid SD sedang belajar online.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Niken Aliyah, S.Pd, Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Dr Dirgantara Wicaksono, M.Pd, Dosen Magister Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kemajuan teknologi yang pesat membuat pembelajaran online menjadi satu hal yang dapat dengan mudah dilaksanakaan dari segala penjuru dunia. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi ini yaitu bidang pendidikan. Pembelajaran online ini memiliki banyak kelebihan dan tantangan khususnya untuk anak sekolah dasar.

Dalam pembelajaran online, sebagian besar bersifat asinkron, sehingga siswa dapat kembali membuka dan mengunjungi materi yang telah dibahas. Siswa pun memiliki kesempatan untuk mengulang dan mendengar materi untuk kedua kalinya.

Salah satu manfaat dari pembelajaran online adalah siswa dapat mempelajari materi sesuai dengan kecepatan mereka sendiri. Setiap anak tidak harus mengikuti kecepatan teman nya dalam belajar seperti kelas reguler pada umumnya.  

Pembelajaran jarak jauh, juga disebut pendidikan jarak jauh, e-learning, dan pembelajaran online, merupakan bentuk pendidikan di mana unsur-unsur utama termasuk terpisahnya guru dan siswa secara fisik selama pengajaran dan penggunaan berbagai teknologi untuk memfasilitasi komunikasi siswa-guru dan siswa-siswa (Berg, 2016). Ada empat karakteristik membedakan pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran konvensional (Robert J. Blake, 2008).

Pertama, pembelajaran jarak jauh secara definisi dilakukan melalui institusi; ini bukan belajar mandiri atau lingkungan belajar nonakademik. Lembaga-lembaga tersebut mungkin atau mungkin juga tidak menawarkan pengajaran berbasis kelas konvensional, tetapi mereka memenuhi syarat untuk akreditasi oleh lembaga yang sama dengan mereka yang menggunakan metode konvensional.

Salah satu platform edukasi online yaitu Edmodo. Edmodo merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif. Edmodo merupakan salah satu bentuk teknologi informasi yang mendukung upaya menuju pendidikan abad 21. Edmodo dapat  mempermudah kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa.

Dari segi guru , siswa, maupun waktu. Semua pihak dapat diuntungkan dengan kehadiran Edmodo. Salah satunya guru. Guru menjadi lebih mudah memberikan materi pada siswa pengarsipan berbagai dokumen yang diperlukan untuk mengajar lebih terorganisir. Selain itu,materi pengajaran yang lebih luas karena dapat berbagi dengan grup-grup lainnya, guru lebih mudah untuk memantau perkembangan setiap siswa.

Sementara dari sisi siswa, belajar tidak menjadi monoton karena siswa dituntut untuk aktif berdiskusi dan  mengeluarkan ide-ide dalam pertanyaan-pertanyaan seputar pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan baik karena lingkungan yang diciptakan dalam app dalam aplikasi Edmodo.

Edmodo menurut Felix tahun 2001 adalah jejaring sosial pribadi bagi guru dan siswa dengan platform sosial yang aman dengan modal kicauan seperti situs jejaring sosial. Pada umumnya Edmodo dapat menjadikan jejaringan khusus bagi guru dan siswa untuk berbagi ide.

Edmodo bukan hanya mempermudah siswa dalam proses pembelajarannya. Guru pun lebih mudah mengelola sistem pembelajaran. Di samping itu orang tua juga dapat mengambil peran melalui platform Edmodo ini.

Agar bisa ikut berperan dalam platform ini orang tua harus mendaftarkan akunnya ke dalam aplikasi atau website Edmodo. Edmodo telah lama menjadi alat yang ampuh bagi para guru yang ingin menjaga orang tua tetap terikat karena para orang tua dapat mengikuti tugas kelas, melacak nilai, dan menerima pesan tentang acara dan kegiatan. Mereka dapat mengikuti melalui situs web Edmodo, atau dengan aplikasi Android atau iOS Edmodo yang dirancang untuk orang tua.

Jadi dapat disimpulkan Edmodo adalah situs jejaring sosial yang diperuntukkan untuk dunia pendidikan. Tujuannya untuk membantu proses pembelajaran bagi guru dan sekolah seperti kegiatan diskusi dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami.

Ada beberapa alasan mengapa media pembelajaran Edmodo dipilih. Pertama aplikasi ini memiliki kemiripan dengan Facebook, tetapi lebih edukatif.

Kedua Edmodo dapat digunakan semua mata pelajaran, kecuali mata pelajarannya membutuhkan pengamatan langsung atau praktik-praktik lapangan. Terakhir Edmodo mudah digunakan dan cukup aman digunakan siswa karena untuk masuk kelas tertentu, siswa memerlukan kata kunci.

Jadi edmodo merupakan salah solusi dari pembelajaran jarak jauh yang membuat peserta didik dengan guru berinteraksi kapan pun dan di manapun. Peserta didik dapat saling berbagi informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik.

Dengan e-learning berkembangnya fleksibilitas belajar menjadi tinggi artinya peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran di manapun tanpa terbatas waktu dan tempat. Peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement