Sabtu 14 Jan 2023 22:02 WIB

Alasan Orang Ikut Sedih Ketika Ada Artis Meninggal Meski Sebenarnya tak 'Kenal'

Apakah Anda pernah merasa sedih saat ada artis meninggal dunia?

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Alasan seseorang ikut merasa sedih saat ada artis yang meninggal dunia. (ilustrasi)
Foto: Republika
Alasan seseorang ikut merasa sedih saat ada artis yang meninggal dunia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uapan duka cita hingga ekspresi kesedihan membanjiri media sosial setelah kabar kematian putri semata wayang Elvis Presley, Lisa Marie Presley, menyebar. Banyak dari doa hingga ucapan duka tersebut datang dari warganet yang tak secara personal mengenal mendiang Lisa.

Menurut pakar kesehatan mental, munculnya rasa sedih atau kehilangan terhadap selebritas bisa muncul ketika warganet merasa dekat dengan sosok tersebut. Rasa dekat ini bisa tercipta karena media sosial memungkinkan warganet untuk mengintip sedikit kehidupan pribadi dari para artis.

Baca Juga

"Anda merasa terhubung dengan mereka, bahkan bisa merasa bahwa Anda berteman (dengan selebritas tersebut)," jelas psikolog dr Natalie Bernstein, seperti dilansir Fox News, Sabtu (14/1/2023).

Dalam kasus Lisa misalnya, dr Bernstein mengatakan ada banyak orang yang mengetahui keberadaan Lisa sejak dia masih di dalam kandungan sang ibu, Priscilla Presley. Mereka juga melihat Lisa bertumbuh besar dari berbagai informasi yang dibagikan di media.