Senin 16 Jan 2023 05:51 WIB

Derbi London Utara Milik Arsenal, Takhta Klasemen Liga Inggris Belum Goyah

Arsenal mengalahkan Tottenham Hostpur 2-0.

Red: Israr Itah
Para pemain Arsenal merayakan gol Martin Odegaard ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga derby London Utara di Liga Primer Inggris.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Para pemain Arsenal merayakan gol Martin Odegaard ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga derby London Utara di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsenal keluar sebagai pemenang laga Derbi London Utara dengan menaklukkan Tottenham Hotspur 2-0 pada matchday ke-20 Liga Primer Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Senin (16/1/2023) dini hari WIB. Tim tamu unggul dua gol pada babak pertama lewat gol bunuh diri Hugo Lloris dan lesakan Martin Odegaard.

Hasil ini membuat Arsenal belum tergoyahkan di puncak klasemen dengan raihan 47 poin, unggul delapan angka dari Manchester City di tempat kedua. Sementara itu, Tottenham harus tertahan di urutan kelima dengan 33 poin. Arsenal juga unggul sembilan poin dari Newcastle United di peringkat ketiga setelah mereka menang 1-0 atas Fulham pada Ahad (15/1/2023).

Baca Juga

Arsenal mendapat peluang pertama pada menit ketujuh. Bola sepakan Eddie Nketiah masih bisa dibendung oleh kiper Tottenham, Hugo Lloris. The Gunners bisa membuka skor tujuh menit kemudian lewat gol bunuh diri Hugo Lloris. Bukayo Saka menembak bola dari sudut sempit yang salah bisa ditepis Lloris, tetapi tangkapannya tidak sempurna dan bola terus bergulir ke gawang Spurs. The Gunners memimpin 1-0.

Tottenham nyaris menyamakan kedudukan empat menit berselang. Bola tembakan Son Heung-min di kotak penalti digagalkan Aaron Ramsdale. Arsenal mendapatkan kans emas pada menit ke-25 lewat sepakan jarak jauh Thomas Partey, tetapi bola masih membentur tiang gawang.

Tim tamu kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-36. Kali ini Martin Odegaard yang mencatatkan nama di papan skor. Gelandang asal Norwegia itu menerima bola dari Bukayako sebelum melepaskan tendangan voli ke sudut gawang. Arsenal terus menyerang di sisa babak pertama, tetapi tidak ada gol tambahan.

Spurs langsung bermain menyerang di awal babak kedua demi mengejar ketertinggalan. Mereka mengancam lewat tendangan Harry Kane pada menit ke-49, tetapi bola masih bisa ditepis Ramsdale.

The Lilywhites hampir saja menipiskan ketertinggalan, andai saja tendangan Ryan Sessegnon di kotak penalti tidak diblok Ramsdale. Spurs memasukan Richarlison untuk menambah daya gedor serangan, tetapi belum bisa menembus pertahanan Arsenal hingga pertandingan selesai. Arsenal menang 2-0.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement