Selasa 17 Jan 2023 06:03 WIB

100 Nama Isi Bakal Calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Exco Baru PSSI

Nama Menpora Zainudin Amali masuk dalam daftar bakal calon wakil ketua umum PSSI.

Red: Israr Itah
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali masuk dalam daftar bakal calon ketua umum PSSI.
Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali masuk dalam daftar bakal calon ketua umum PSSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada 100 nama yang resmi terdaftar dalam bakal calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027. Daftar nama ini diumumkan oleh Komite Pemilihan (KP) PSSI pada Senin (16/1/2023) malam.

Ketua KP Amir Burhannudin mengatakan, dari total jumlah tersebut, lima orang merupakan bakal calon ketua umum, 17 bakal calon wakil ketua umum, dan 78 lainnya merupakan bakal calon anggota Exco. Mereka para pendaftar yang mengajukan diri atau diajukan oleh minimal satu anggota PSSI untuk menjadi pengurus baru. Proses pendaftaran dibuka PSSI sampai Senin (16/1) pukul 18.00 WIB.

Baca Juga

KP membebaskan setiap pendaftar untuk memasukkan namanya ke salah satu posisi maupun langsung ke ketiganya. Tidak heran ada satu nama yang terdaftar di bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota Exco sekaligus. Dia adalah Doni Setiabudi, CEO Bandung Premier League dan eks manajer klub AHHA PS Pati.

Doni bergabung dengan Erick Thohir, La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis sebagai lima bakal calon ketua umum PSSI.

Dari bakal calon wakil ketua umum PSSI 2023-2027, muncul seorang kejutan yakni Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Ini menjadi momen perdana Zainudin bersaing untuk mengisi satu tempat di kepengurusan PSSI.

Yang mengejutkan, ada nama Iwan Budianto di daftar bakal calon wakil ketua umum. Padahal dia secara terbuka menyatakan tidak ingin dicalonkan atau mencalonkan diri menjadi Exco PSSI 2023-2027.

Terkait hal itu, Ketua KP PSSI Amin Burhannudin menegaskan bahwa data Exco 2023-2027 terkini masih berupa data mentah. Pihaknya akan melakukan verifikasi lebih lanjut karena nama Iwan bisa saja dimasukkan oleh salah satu anggota PSSI tanpa persetujuan yang bersangkutan.

KP akan menyampaikan soal kekurangan kelengkapan dokumen kepada pendaftar pada 19 Januari 2023 setelah verifikasi tuntas.

Beranjak ke...

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement