Baznas Banyumas Beri Bantuan Asuransi Ketenagakerjaan 2.000 Penderes

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada petani penderes di Banyumas (ilustrasi)
Penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada petani penderes di Banyumas (ilustrasi) | Foto: Dok. Pemkab Banyumas

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS - Dalam memperingati hari ulang tahunnya ke – 22, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas memberikan jaminan kerja kepada 2.000 penderes yang ada di Banyumas, Selasa (17/1/2023) siang.

Penyerahan secara  simbolis dilakukankan oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono kepada perwakilan penderes di Rumah Makan Pereng Cilongok. Ketua Baznas Banyumas, Khasanatul Mufidah mengatakan, 2.000 penderes ini merupakan bagian dari ribuan penderes di Banyumas yang belum mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Oleh karena itu, Baznas Banyumas membayarkan premi asuransi kepada BPJS Ketenagakerjaan, bagi 2.000 penderes. Hal tersebut dilakukan mengingat angka kecelakaan penderes Banyumas tinggi, juga para penderes rata- rata berasal dari kelompok orang yang tidak mampu, sehingga termasuk penerima zakat.

“Kami memberikan jaminan asuransi ketenagakerjaan kepada 2.000 penderes. Selain itu, kami berikan alat penyelamat bagi penderes, sembako. Ini bagian dari HUT Baznas ke 22,” ujar Khasanatul.

Ia menambahkan, pada 2024, pihaknya akan menambah penderes yang mendapatkan jaminan dari BPJS Ketengakerjaan. Dengan demikian semakin banyak penderes yang tercover jaminan kecelakaan kerja, maupun jaminan lain dari BPJS Ketenagakerjaan.

Warim, salah satu penderes asal Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang yang menerima bantuan dari Baznas, mengaku sangat senang dirinya mendapatkan bantuan dari Baznas sehingga lebih nyaman dalam bekerja. Jika mengalami kecelakaan dan lainnya, tidak perlu memikirkan biaya.

Selain itu sudah lama Warim, ingin mendapatkan asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan, Untuk itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada muzakki atau orang yang membayar zakat kepada Baznas Banyumas. Sehingga dirinya mendapatkan bantuan asuransi ketenagakerjaan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membayar zakat kepada Baznas, sehingga kami mendapatkan bantuan dari Baznas. Jadi saya lebih tenang, walaupun berharap kerja tidak terjadi apa-apa,” kata Warim.

Pada kesempatan ini, Baznas Banyumas juga memberikan alat pengaman bagi penderes, paket makanan bagi penderes. Selain itu Baznas Banyumas dan BPJS Ketenagakerjaan memberikan klaim asuransi yang bernilai ratusan juta rupiah bagi tiga orang ahli waris penderes, yang terjatuh dari pohon kelapa dan meninggal dunia.

Terkait


Baznas Banyumas Tasyarufkan Bantuan Produktif untuk 1.049 Mustahik

Kisah Pedagang Tenongan Banyumas, Dari Zakat Jadi Bebas Rentenir

Baznas Banyumas Tasyarufkan Rp 1,08 miliar Bantuan Produktif di Kuartal II

Baznas Banyumas Tasyarufkan Rp 1,078 Miliar kepada 997 Mustahik

Baznas Banyumas Sediakan Rumah Singgah di Yogyakarta

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark