Rabu 18 Jan 2023 13:54 WIB

Minum Kopi Saat Perut Kosong? Pertimbangkan Ini Dulu Sebelum 'Menyesal'

Kopi memiliki banyak manfaat, namun bolehkah minum kopi saat perut kosong?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bolehkah minum kopi saat perut kosong? (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Bolehkah minum kopi saat perut kosong? (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, bangun tidur dengan secangkir kopi panas menjadi rutinitas yang menenangkan. Kopi memberikan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa, namun bolehkah minum kopi saat perut kosong?

Dilansir laman Eat This Not That, Rabu (18/1/2023), salah satu argumen umum untuk menghindari kopi pada pagi hari berkaitan dengan efeknya pada produksi kortisol (hormon stres). Tingkat kortisol dalam tubuh mengalami pasang surut dalam siklus alami sepanjang hari, dengan tingkat memuncak tepat saat Anda bangun.

Baca Juga

Kafein dapat menyebabkan peningkatan kortisol. Jadi, meminumnya saat kortisol sudah tinggi berpotensi menyebabkan tingkat hormon stres yang tidak sehat. Meski begitu, para peneliti menemukan bahwa orang yang secara teratur minum kopi mengalami peningkatan kortisol yang jauh lebih kecil dari kafein, dengan waktu dalam sehari membuat sedikit atau tidak ada perbedaan. Plus, peningkatan kecil ini hanya bersifat sementara dan tidak mungkin menyebabkan efek kesehatan jangka panjang.

Alasan terbesar Anda mungkin ingin menunggu sampai setelah sarapan untuk minum secangkir kopi berkaitan dengan perut. Sementara secangkir kopi yang menenangkan itu terasa nikmat, kebanyakan dari kita sangat menantikan sentakan kafein yang diberikannya kepada kita.