Kamis 19 Jan 2023 17:18 WIB

Wali Kota Bandung Tekankan Edukasi Bahaya Seks di Luar Nikah

Wali Kota Bandung merespons laporan soal dispensasi nikah.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Wali Kota Bandung Yana Mulyana.
Foto: REPUBLIKA/Dea Alvi Soraya
Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wali Kota Bandung Yana Mulyana menekankan upaya sosialisasi dan edukasi untuk mencegah pernikahan dini dan seks di luar nikah. Hal itu merespons laporan soal ratusan permohonan dispensasi kawin, yang diajukan warga berusia di bawah 19 tahun.

Berdasarkan informasi dari Pengadilan Agama (PA) Bandung, salah satu alasan permohonan dispensasi kawin ini karena hamil duluan. Yana mengaku sangat prihatin dengan hal itu. Karenanya, ia mengaku sudah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pihak sekolah, orang tua/wali, serta para siswa terkait persoalan pernikahan dini. 

Baca Juga

Selain itu, Yana juga menekankan sosialisasi dan edukasi soal bahaya seks di luar nikah. “Karena itu jelas tindakan yang di luar norma sosial dan agama,” kata Yana, saat berkegiatan di Ujungberung, Kota Bandung, Kamis (19/1/2023).

Yana pun menyoroti pentingnya peran keluarga, pihak sekolah, dan masyarakat dalam penanaman norma agama, budaya, dan hukum kepada anak-anak muda.